rpp pai 1 lembar kelas 5 semester 2 k 13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : V
(Lima) / 2
Pelajaran (6) : Mari Belajar al-Qur'an Surat al-Ma’μn
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik
dapat:
v Membaca Q.S. al-Mā’ūn dengan tartil.
v Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Mā’ūn.
v Menunjukkan hafal Q.S. al-Mā’ūn.
v Mengetahui makna Q.S. al-Mā’ūn dengan benar.
v Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.
al-Mā’ūn.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran dimulai dengan:
1)
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius
2)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3)
Guru menyapa
peserta didik; dan
4)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru
terlebih dahulu meminta agar peserta didik secara klasikal mencermati
mengapa orang yang
membaca al-Qur'an tergolong manusia yang beruntung dan istimewa. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Membaca Surat al-Ma’un
1) Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan awal peserta didik,
guru meminta
beberapa peserta didik mendemonstrasikan bacaan Q.S. al-Ma’μn. Mandiri
2) Guru memberikan penguatan dengan menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca Q.S. al-Ma’un
yang baik dan benar. Selanjutnya guru memberikan contoh bacaan yang baik dan benar. Communication
3) Guru melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap
sulit dan peserta
didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara bersama. Selanjutnya ditunjuk beberapa
peserta didik untuk melafalkannya dengan benar. Integritas
4) Guru kembali memberikan contoh bacaan Q.S. al-Ma’un yang
benar.
5) Peserta didik menirukan bacaan Q.S. al-Ma’un bersama-sama,
selanjutnya ditunjuk
beberapa peserta didik untuk membacanya. Mandiri
Sikap Kebiasaanku Pada
bagian “Insya Allah Aku Selalu Membaca al-Qur’an Surat al-Ma’un”, guru
memotivasi peserta didik untuk melancarkan bacaan di antaranya dengan
mendengarkan bacaan Q.S. al-Ma’un yang benar dari salah satu audio seperti
radio kaset. Kemudian meminta agar menirukannya secara berulang.
|
95 menit x
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : V
(Lima) / 2
Pelajaran (6) : Mari Belajar al-Qur'an Surat al-Ma’μn
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik
dapat:
v Membaca Q.S. al-Mā’ūn dengan tartil.
v Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Mā’ūn.
v Menunjukkan hafal Q.S. al-Mā’ūn.
v Mengetahui makna Q.S. al-Mā’ūn dengan benar.
v Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.
al-Mā’ūn.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran dimulai dengan:
1)
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius
2)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3)
Guru menyapa
peserta didik; dan
4)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru
terlebih dahulu meminta agar peserta didik secara klasikal mencermati
mengapa orang yang
membaca al-Qur'an tergolong manusia yang beruntung dan istimewa. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo, Menghafal Surat al-Ma’un
1) Guru melafalkan dengan cara menghafal Q.S. al-Ma’un
dengan suara jelas ayat satu sampai dengan dua, diikuti seluruh peserta
didik, sesekali meminta salah satu peserta didik untuk menghafalnya (lakukan
sebanyak dua sampai tiga kali). Creativity
and Innovation
2) Mengikuti langkah poin satu, diteruskan ayat tiga
sampai ayat empat, ayat lima sampai enam, dan ayat tujuh.
3) Lakukan pola ayat satu sampai lima, (lakukan sebanyak
dua-tiga kali).
4) Diteruskan pola ayat enam sampai tujuh, (lakukan
sebanyak dua-tiga kali).
5) Pola terakhir ayat satu sampai dengan tujuh (satu
surat utuh) diawali gurunya, kemudian diikuti peserta didik (lakukan sebanyak
dua-tiga kali).
Bila belum hafal juga,
dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1) s.d. 5). Bila sudah
banyak yang hafal secara individual, peserta didik mendemonstrasikan
hafalannya.
Sikap Kebiasaanku
Pada bagian “Insya Allah
aku selalu menghafal Q.S. al-Ma’un,” peserta didik secara berpasangan (dengan
teman sebangku) menghafal surat al-Ma’un secara bergantian. Collaboration
|
115 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta,
2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : V
(Lima) / 2
Pelajaran (6) : Mari Belajar al-Qur'an Surat al-Ma’μn
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik
dapat:
v Membaca Q.S. al-Mā’ūn dengan tartil.
v Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Mā’ūn.
v Menunjukkan hafal Q.S. al-Mā’ūn.
v Mengetahui makna Q.S. al-Mā’ūn dengan benar.
v Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.
al-Mā’ūn.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran dimulai dengan:
1)
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius
2)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3)
Guru menyapa
peserta didik; dan
4)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru
terlebih dahulu meminta agar peserta didik secara klasikal mencermati
mengapa orang yang
membaca al-Qur'an tergolong manusia yang beruntung dan istimewa. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo, Menulis Surat al-Ma’un
1) Guru menulis beberapa penggalan ayat Q.S. al-Ma’μn
pada papan tulis atau melalui media lainnya. Kemudian memberikan garis pada
tulisan penggalan ayat tersebut untuk mengetahui posisi rangkaian
masing-masing hurufnya. Critical
Thinking and Problem Solving
2) Pada saat yang bersamaan, peserta didik diminta untuk
mencermati cara penulisannya.
3) Guru menunjuk peserta didik secara bergantian untuk
mempraktikkan penulisan beberapa penggalan ayat seperti yang sudah
dicontohkan. Gotong
Royong
4) Guru meminta agar semua peserta didik menyalin
beberapa penggalan ayat tersebut secara berulang pada buku tulis. Bila sudah
banyak yang mampu menulis secara individual, peserta didik diminta untuk
menyalin Q.S. al-Ma’μn pada buku tulis masing-masing. Mandiri
Sikap Kebiasaanku
Pada
bagian ini, peserta didik diminta menyalin penggalan kata Q.S. al-Ma’μn
secara individual pada buku tulis masing-masing. Mandiri
|
115 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta,
2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : V
(Lima) / 2
Pelajaran (6) : Mari Belajar al-Qur'an Surat al-Ma’μn
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik
dapat:
v Membaca Q.S. al-Mā’ūn dengan tartil.
v Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Mā’ūn.
v Menunjukkan hafal Q.S. al-Mā’ūn.
v Mengetahui makna Q.S. al-Mā’ūn dengan benar.
v Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.
al-Mā’ūn.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran dimulai dengan:
1)
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius
2)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3)
Guru menyapa
peserta didik; dan
4)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru
terlebih dahulu meminta agar peserta didik secara klasikal mencermati
mengapa orang yang
membaca al-Qur'an tergolong manusia yang beruntung dan istimewa. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
Makna Kandungan Surat al-Ma’μn
1) Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa
kelompok. Setiap kelompok diminta untuk membaca Q.S. al- Ma’μn dan mencermati
artinya.
2) Peserta didik secara kelompok mendiskusikan mengapa
surat ini diawali dengan pertanyaan “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan
agama?
3) Selanjutnya, secara berkelompok peserta didik
mendiskusikan sikap terpuji yang dapat diambil dari Q.S. al- Ma’μn. Communication
4) Secara bergantian masing-masing kelompok
mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak serta
memberikan tanggapan. Critical
Thinking and Problem Solving
5) Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan
yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut. Communication
|
115 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta,
2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Pelajaran (7) : Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah Swt.
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini
keberadaan rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
v Menunjukkan
sikap sabar dan jujur sebagai implementasi dari pemahaman mengenal nama-nama
Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
v Memahami
nama-nama rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
v
Menghafal nama-nama rasul Allah dan
rasul Ulul ‘Azmi.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Pembelajaran dimulai dengan:
1)
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama; Religius
2)
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian erpakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3)
Guru menyapa peserta didik; dan
4)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
Apa Makna Rasul Allah Swt.?
Melalui model “Artikulasi” guru melaksanakan proses
pembelajaran sebagai berikut.
1) Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai.
2) Melalui motivasi, guru mengajak
peserta didik untuk mengemukakan apa yang
mereka ketahui tentang makna Rasul Allah Swt. Selanjutnya, guru memberikan penguatan terhadap pengetahuan awal peserta didik
tentang Rasul Allah. Communication
3) Untuk memperkuat pemahaman
peserta didik, guru mengelompokkan peserta
didik secara berpasangan yang terdiri atas dua orang peserta didik. Collaboration
4) Selanjutnya, Guru meminta setiap
pasangan untuk mencermati Q.S. al-An’am/6: 48 berikut arti dan maksud
yang terkandung di dalamnya.
5) Setelah melakukan pencermatan,
salah satu peserta didik dari setiap pasangan
diminta untuk menceritakan maksud yang terkandung di dalam Q.S. al-An’am/6:
48, sementara pasangan lainnya mendengar dan mengemukakan beberapa pertanyaan yang relevan. Critical Thinking and Problem Solving
6) Guru memberikan penguatan dengan
menjelaskan kembali makna yang terkandung
dalam Q.S. al-An’am/6: 48 berdasarkan buku
teks atau sumber lainnya yang relevan. Communication
7) Penilaian terhadap setiap
kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
|
115 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Pelajaran (7) : Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah Swt.
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini
keberadaan rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
v Menunjukkan
sikap sabar dan jujur sebagai implementasi dari pemahaman mengenal nama-nama
Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
v Memahami
nama-nama rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
v
Menghafal nama-nama rasul Allah dan
rasul Ulul ‘Azmi.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Pembelajaran dimulai dengan:
1)
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama; Religius
2)
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian erpakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3)
Guru menyapa peserta didik; dan
4)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
Tugas dan Sifat Rasul-Rasul Allah
Swt.
1) Peserta didik secara klasikal mencermati penjelasan
guru (atau peserta didik yang ditunjuk sebagai model) tentang tugas dan
sifat-sifat yang dimiliki oleh rasul Allah Swt.
2) Selanjutnya, peserta didik kembali pada kelompok
masing-masing dan mencermati serta mendiskusikan isi dialog yang dilakukan
oleh Fatimah dan ayahnya tentang sifat-sifat rasul Allah Swt.
3) Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya
dan kelompok lain memberikan tanggapan atau pertanyaan-pertanyaan yang
relevan. Communication
4) Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan kembali
tentang sifat-sifat yang dimiliki rasul Allah Swt. berdasarkan buku teks dan
sumber lainnya yang relevan. Critical
Thinking and Problem Solving
5) Penilaian atas kegiatan atau aktivitas yang dilakukan
oleh peserta didik dapat dilakukan sebagaimana halnya pada bagian A.
|
115 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta,
2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Pelajaran (7) : Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah Swt.
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini
keberadaan rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
v Menunjukkan
sikap sabar dan jujur sebagai implementasi dari pemahaman mengenal nama-nama
Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
v Memahami
nama-nama rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
v
Menghafal nama-nama rasul Allah dan
rasul Ulul ‘Azmi.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran dimulai dengan:
1)
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama; Religius
2)
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian erpakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3)
Guru menyapa peserta didik; dan
4)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
1)
Guru mengajak peserta didik untuk
belajar bersama di luar kelas sekitar lingkungan sekolah yang memungkinkan
untuk pelaksanaan proses pembelajaran dengan membawa papan tulis atau media
pembelajaran lainnya yang relevan.
Communication
2)
Peserta didik dibagi ke dalam
beberapa kelompok dan setiap kelompok diminta mencermati pembelajaran tentang
“Mengenal Nama Allah Swt. dan Kitab-kitabnya.” Collaboration
|
10 menit
|
Inti
|
Rasul Ulul ‘Azmi
1) Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok.
2) Setiap kelompok diminta kembali untuk mencermati dan
mendiskusikan apa yang dimaksud dengan Rasul Ulul ‘Azmi dan siapa saja yang
termasuk ke dalam Rasul Ulul ‘Azmi.
3) Masing-masing kelompok memaparkan hasil diskusinya
dan kelompok lain ikut mengamati dan mengemukakan pertanyaan-pertanyaan
terhadap hasil pemaparan kelompok. Critical Thinking and Problem Solving
4) Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan kembali
hal-hal yang berkaitan dengan Rasul Ulul ‘Azmi berdasarkan buku teks dan
sumber lain yang relevan. Communication
|
115 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta,
2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Pelajaran (7) : Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah Swt.
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini
keberadaan rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
v Menunjukkan
sikap sabar dan jujur sebagai implementasi dari pemahaman mengenal nama-nama
Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
v Memahami
nama-nama rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
v
Menghafal nama-nama rasul Allah dan
rasul Ulul ‘Azmi.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran dimulai dengan:
1)
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama; Religius
2)
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian erpakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3)
Guru menyapa peserta didik; dan
4)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
3)
Guru mengajak peserta didik untuk
belajar bersama di luar kelas sekitar lingkungan sekolah yang memungkinkan
untuk pelaksanaan proses pembelajaran dengan membawa papan tulis atau media
pembelajaran lainnya yang relevan.
Communication
4)
Peserta didik dibagi ke dalam
beberapa kelompok dan setiap kelompok diminta mencermati pembelajaran tentang
“Mengenal Nama Allah Swt. dan Kitab-kitabnya.” Collaboration
|
10 menit
|
Inti
|
Kisah
Keteladanan Nabi Muhammad saw. sebagai Rasul Ulul ‘Azmi
1) Peserta didik secara berkelompok kembali
mendiskusikan tentang sikap-sikap terpuji Nabi Muhammad saw. sebagai rasul
yang terakhir dan Rasul Ulul ‘Azmi. Collaboration
2) Masing-masing kelompok mengidentifikasi dan membuat
pertanyaan tentang sikap-sikap terpuji Nabi Muhammad saw dan mengapa disebut
sebagai Khatamul Anbiya dan sebagai Rasul Ulul ‘Azmi? Apa yang dimaksud
ungkapan tersebut? Critical
Thinking and Problem Solving
3) Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya
dan kelompok lain mencermati dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sudah
disiapkan atau pertanyaan lain yang relevan.
4) Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi
peserta didik dengan menjelaskan kembali apa yang ada dalam buku teks dan
diperkaya dengan sumber lain yang relevan. Communication
|
115 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Pelajaran (7) : Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah Swt.
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini
keberadaan rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
v Menunjukkan
sikap sabar dan jujur sebagai implementasi dari pemahaman mengenal nama-nama
Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi.
v Memahami
nama-nama rasul Allah dan rasul Ulul ‘Azmi.
v
Menghafal nama-nama rasul Allah dan
rasul Ulul ‘Azmi.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran dimulai dengan:
1)
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama; Religius
2)
Guru memeriksa kehadiran,
kerapian erpakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3)
Guru menyapa peserta didik; dan
4)
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
5)
Guru mengajak peserta didik untuk
belajar bersama di luar kelas sekitar lingkungan sekolah yang memungkinkan
untuk pelaksanaan proses pembelajaran dengan membawa papan tulis atau media
pembelajaran lainnya yang relevan.
Communication
6)
Peserta didik dibagi ke dalam
beberapa kelompok dan setiap kelompok diminta mencermati pembelajaran tentang
“Mengenal Nama Allah Swt. dan Kitab-kitabnya.” Collaboration
|
10 menit
|
Inti
|
Sikap
Terpuji Para Rasul dan Rasul Ulul ‘Azmi
1) Peserta didik secara berkelompok kembali
mendiskusikan tentang sikap-sikap terpuji para Rasul Ulul ‘Azmi dan ayat-ayat
yang terkait dengannya. Collaboration
2) Masing-masing kelompok mengidentifikasi dan membuat
pertanyaan tentang sikap-sikap terpuji para Rasul Ulul ‘Azmi dan ayat-ayat
yang terkait dengannya.
3) Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya
dan kelompok lain mencermati serta mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
sudah disiapkan atau pertanyaan lain yang relevan. Critical Thinking and Problem Solving
4) Guru memberikan penguatan terhadap hasil diskusi
peserta didik dengan menjelaskan kembali apa yang ada dalam buku teks dan
diperkaya dengan sumber lain yang relevan. Communication
|
115 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta,
2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : V
(Lima) / 2
Pelajaran (8) : Mari Hidup Sederhana dan Ikhlas
Alokasi Waktu : 2 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat:
§ Meyakini bahwa sikap sederhana dan ikhlas beramal sebagai
cerminan dari iman.
§ Menunjukkan sikap sederhana dan sikap ikhlas beramal dalam
kehidupan sehari-hari.
§ Memahami makna sederhana dan ikhlas beramal dalam kehidupan
sehari-hari. Mencontohkan sikap sederhana dan sikap ikhlas beramal dalam
kehidupan sehari-hari.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran
dimulai dengan guru:
1)
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius
2)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3)
Guru menyapa
peserta didik; dan
4)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
Guru
Meminta peserta didik untuk mencermati sikap sederhana dan ikhlas dalam
kehidupan sehari-hari.
|
10 menit
|
Inti
|
A. Mari Hidup Sederhana
1)
Guru meminta beberapa
peserta didik sebagai model untuk mendemonstarsikan bacaan Q.S. al-Furqan/25:
67. beserta artinya yang diikuti oleh peserta didik lain.
2)
Guru memberikan
penguatan dengan membacakan kembali Q.S. al- Furqan/25: 67. beserta artinya. Communication
3)
Peserta didik secara
kelompok mencermati dan mendiskusikan kandungan Q.S. al-Furqan/25: 67 dan
Q.S. al-Isra’/17: 27 tentang hidup sederhana dan larangan berbuat mubadzir
beserta figur Nabi Muhammad saw. yang hidup sederhana dan gambar yang
merefleksikan kesederhanaan sebagaimana terdapat dalam buku teks. Collaboration
4)
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menyimak serta menanyakan
beberapa hal yang dianggap relevan. Critical Thinking and Problem Solving
5)
Setiap kelompok diminta
untuk menyimpulkan hasil diskusi yang telah dipresentasikan bersama. Integritas
6)
Guru memberi penguatan
dengan menjelaskan kembali tentang hidup sederhana. Communication
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta,
2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : V
(Lima) / 2
Pelajaran (8) : Mari Hidup Sederhana dan Ikhlas
Alokasi Waktu : 3 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat:
§ Meyakini bahwa sikap sederhana dan ikhlas beramal sebagai
cerminan dari iman.
§ Menunjukkan sikap sederhana dan sikap ikhlas beramal dalam
kehidupan sehari-hari.
§ Memahami makna sederhana dan ikhlas beramal dalam kehidupan
sehari-hari. Mencontohkan sikap sederhana dan sikap ikhlas beramal dalam
kehidupan sehari-hari.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran
dimulai dengan guru:
5)
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius
6)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
7)
Guru menyapa
peserta didik; dan
8)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
Guru
Meminta peserta didik untuk mencermati sikap sederhana dan ikhlas dalam
kehidupan sehari-hari.
|
10 menit
|
Inti
|
B. Mari Ikhlas Beramal
1)
Peserta didik secara
kelompok mencermati dan mendiskusikan makna ikhlas dan daripada “Ikhlas
Beramal Karena Allah,” berikut contoh dan hadits yang menyertainya
sebagaimana terdapat dalam buku teks. Collaboration
2)
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menyimak serta menanyakan
beberapa hal yang dianggap relevan. Critical Thinking and Problem Solving
3)
Setiap kelompok diminta
untuk menyimpulkan hasil diskusi yang telah dipresentasikan bersama. Mandiri
4)
Guru memberi penguatan
dengan menjelaskan kembali tentang makna ikhlas dan maksud daripada “Ikhlas
Beramal Karena Allah". Communication
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta,
2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : V
(Lima) / 2
Pelajaran (9) : Indahnya Salat Tarawih dan Tadarus al-Qur'an
Alokasi Waktu :
2 x 4 JP (2 X Pertemuan)
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Menjalankan
salat tarawih dan tadarus al-Qur'an pada bulan Ramadan sebagai wujud ketaatan
kepada Allah Swt. dan rasul-Nya.
v Menunjukkan
sikap tekun sebagai implementasi dari pemahaman pelaksanaan salat tarawih dan
tadarus al-Qur'an.
v Memahami
pelaksanaan salat tarawih dan tadarus al-Qur'an.
v Mempraktikkan
tatacara salat tarawih dan tadarus al-Qur'an.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran
dimulai dengan:
1)
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius
2)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3)
Menyapa peserta
didik; dan
4)
Menyampaikan
tujuan pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
Guru meminta
peserta didik untuk mencermati mengapa bulan Ramadan disebut
bulan ibadah? Amalan apa saja yang dilakukan pada bulan Ramadan?
|
10 menit
|
Inti
|
A. Salat Tarawih.
1) Peserta didik diminta untuk mencermati gambar yang
terdapat dalam buku teks.
2) Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk menceritakan
pesan yang terdapat pada gambar yang dicermati.
Selanjutnya, guru memberikan penguatan dengan
menjelaskan kembali makna pesan yang terdapat pada gambar
tersebut. Communication
3) Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan makna salat tarawih, sejarah, ketentuan,
keutamaan, dan hadis yang terkait dengannya. Collaboration
4)
Guru
meminta setiap kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain ikut mencermati serta mempertanyakan beberapa hal yang terkait dengan salat tarawih. Critical Thinking and Problem Solving
5)
Guru meminta laporan
hasil diskusi kelompok secara tertulis.
6)
Guru memberikan simpulan
dan penguatan sebagaimana yang terdapat pada buku teks. Communication
|
95 menit
|
Penutup
|
v Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
v Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v Membaca do’a sesudah belajar dengan
benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta,
2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : V
(Lima) / 2
Pelajaran (9) : Indahnya Salat Tarawih dan Tadarus al-Qur'an
Alokasi Waktu :
1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Menjalankan
salat tarawih dan tadarus al-Qur'an pada bulan Ramadan sebagai wujud ketaatan
kepada Allah Swt. dan rasul-Nya.
v Menunjukkan
sikap tekun sebagai implementasi dari pemahaman pelaksanaan salat tarawih dan
tadarus al-Qur'an.
v Memahami
pelaksanaan salat tarawih dan tadarus al-Qur'an.
v Mempraktikkan
tatacara salat tarawih dan tadarus al-Qur'an.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran
dimulai dengan:
5)
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius
6)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
7)
Menyapa peserta
didik; dan
8)
Menyampaikan
tujuan pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
Guru meminta
peserta didik untuk mencermati mengapa bulan Ramadan disebut
bulan ibadah? Amalan apa saja yang dilakukan pada bulan Ramadan?
|
10 menit
|
Inti
|
Tadarus
al-Qur'an
1)
Peserta didik secara
berkelompok mendiskusikan makna tadarus al-Qur'an, ketentuan, keutamaan, dan
ayat al-Qur'an yang terkait dengannya. Creativity and Innovation
2)
Setiap kelompok
menyampaikan hasil diskusinya secara tertulis dan mempresentasikannya di
depan kelompok lain. Kelompok lain ikut mencermati serta mempertanyakan
beberapa hal tentang tadarus al-Qur'an. Critical Thinking and Problem Solving
3)
Guru memberikan simpulan
dan penguatan sebagaimana yang terdapat pada buku teks. Communication
Sikap
Kebiasaanku
Pada bagian ini, guru memotivasi agar peserta didik
menunaikan salat tarawih dan tadarus al-Qur'an pada bulan Ramadan dengan
baik.
|
95 menit
|
Penutup
|
v Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
v Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v Membaca do’a sesudah belajar dengan
benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta,
2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Pelajaran (10) : Kisah Keteladanan Luqman
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini
kebenaran kisah Luqmān sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
v Menunjukkan
sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Luqmān
sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
v Memahami
kisah keteladanan Luqmān sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
v Menceritakan
kisah keteladanan Luqmān sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran dimulai dengan:
1)
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius
2)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3)
Guru menyapa
peserta didik; dan
4)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
Guru meminta peserta didik untuk mencermati kisah
keteladanan Luqmān.
|
10 menit
|
Inti
|
A.
Siapakah Luqmān?
1) Guru meminta peserta didik
untuk mencermati sifat-sifat yang dimiliki Luqmān dan pelajaran yang dapat
diambil darinya sebagaimana terdapat pada buku teks.
2) Selanjutnya guru membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diminta untuk
mendiskusikan hasil pengamatan mereka terhadap sifat-sifat yang dimiliki Luqmān dan pelajaran
yang dapat diambil darinya. Collaboration
3) Guru meminta setiap kelompok
untuk menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain ikut mencermati serta mempertanyakan
beberapa hal yang berkaitan dengan sifat-sifat yang dimiliki Luqmān.
4) Guru meminta laporan hasil
diskusi kelompok secara tertulis dari masing-masing kelompok.
5) Guru memberikan simpulan dan
penguatan berdasarkan berbagai sumber kepustakaan yang terkait dengan sifat-sifat yang
dimiliki Luqmān dan pelajaran yang dapat diambil darinya. Communication
Sikap
Kebiasaanku
Pada bagian ini, guru meminta agar peserta didik selalu
bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah Swt. berikan kepada
mereka.
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta,
2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Pelajaran (10) : Kisah Keteladanan Luqman
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini
kebenaran kisah Luqmān sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
v Menunjukkan
sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Luqmān
sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
v Memahami
kisah keteladanan Luqmān sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
v Menceritakan
kisah keteladanan Luqmān sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran dimulai dengan:
5)
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius
6)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
7)
Guru menyapa
peserta didik; dan
8)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
Guru meminta peserta didik untuk mencermati kisah
keteladanan Luqmān.
|
10 menit
|
Inti
|
Nasihat Luqman “Jangan Musyrik “
1) Secara bergantian guru meminta
peserta didik dalam kelompok masing-masing membaca Q.S. Luqmān/31:13 dan mencermati artinya. Collaboration
2) Selanjutnya, secara
berkelompok, peserta didik mendiskusikan kandungan dari ayat tersebut.
3) Setiap kelompok menyampaikan
hasil diskusinya dan kelompok yang lain ikut mencermati serta mempertanyakan beberapa hal yang
berkaitan dengan
kandungan ayat tersebut. Critical Thinking and Problem Solving
4) Guru meminta laporan hasil
diskusi kelompok secara tertulis.
5) Guru memberikan simpulan dan
penguatan berdasarkan berbagai sumber kepustakaan yang terkait dengan kandungan Q.S.
Luqmān/31: 13. Communication
Sikap Kebiasaanku
Pada bagian ini, guru meminta agar peserta didik selalu
rajin beribadah kepada Allah Swt.
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta,
2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Pelajaran (10) : Kisah Keteladanan Luqman
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini
kebenaran kisah Luqmān sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
v Menunjukkan
sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Luqmān
sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
v Memahami
kisah keteladanan Luqmān sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
v Menceritakan
kisah keteladanan Luqmān sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran dimulai dengan:
9)
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius
10)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
11)
Guru menyapa
peserta didik; dan
12)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
Guru meminta peserta didik untuk mencermati kisah
keteladanan Luqmān.
|
10 menit
|
Inti
|
Luqman Menyuruh Anaknya
Berbuat Kebajikan
1)
Guru meminta peserta didik dalam kelompok masing-masing secara bergantian
membaca Q.S. Luqmān/31: 17 dan mencermati artinya. Collaboration
2)
Selanjutnya, secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan kandungan
ayat tersebut.
3)
Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain ikut
mencermati serta mempertanyakan beberapa hal yang berkaiatan dengan kandungan
ayat tersebut. Critical
Thinking and Problem Solving
4)
Guru meminta laporan hasil diskusi kelompok secara tertulis.
5)
Guru memberikan simpulan dan penguatan berdasarkan berbagai sumber
kepustakaan yang terkait dengan kandungan Q.S. Luqmān/31: 17. Communication
Sikap Kebiasaanku
Pada bagian ini, guru meminta agar peserta didik selalu berbuat kebajikan
dan menghindari perbuatan yang buruk.
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta,
2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Pelajaran (10) : Kisah Keteladanan Luqman
Alokasi Waktu : 1 x 4 JP
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini
kebenaran kisah Luqmān sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
v Menunjukkan
sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Luqmān
sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
v Memahami
kisah keteladanan Luqmān sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
v Menceritakan
kisah keteladanan Luqmān sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Persiapan
Pembelajaran dimulai dengan:
13)
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama; Religius
14)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
15)
Guru menyapa
peserta didik; dan
16)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
b. Pelaksanaan
Guru meminta peserta didik untuk mencermati kisah
keteladanan Luqmān.
|
10 menit
|
Inti
|
Nasihat Luqmān “Jangan
Sombong “
1)
Guru meminta peserta didik dalam kelompok masing-masing secara bergantian
membaca Q.S. Luqmān/31: 18 dan mencermati artinya. Collaboration
2)
Selanjutnya, secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan kandungan
ayat tersebut.
3)
Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain ikut
mencermati serta mempertanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan kandungan
ayat tersebut. Critical
Thinking and Problem Solving
4)
Guru meminta laporan hasil diskusi kelompok secara tertulis.
5)
Guru memberikan simpulan dan penguatan berdasarkan berbagai sumber
kepustakaan yang terkait dengan kandungan Q.S. Luqmān/31: 18. Communication
Sikap Kebiasaanku
Pada bagian ini, guru meminta agar peserta didik selalu ramah dan peduli
terhadap sesama.
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
Komentar
Posting Komentar