rpp pai 1 lembar kelas 4 semester 2 k 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                       :       SDN PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran                             :       Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester                         :       IV (Empat) / 1
Pembelajaran (1)                         :       Mari Belajar Surah al-Falaq
Alokasi Waktu                              :       6 x 35 menit JP (2 x Pertemuan)
Tgl Pelaksanaan                          :       …………………….

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Membaca surah al-Falaq dengan tartil.
v  Menulis kalimat-kalimat dalam al-Falaq.
v  Menunjukkan hafalan surah al-Falaq.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Peserta didik harus dalam kondisi siap menerima pelajaran. Guru mengucapkan salam dan dilanjutkan berdo’a bersama. Guru disarankan selalu menyapa peserta didik, misalnya “Apa kabar anak-anak?”. Religius
v   Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v   Menyampaikan tujuan pembelajaran.  Communication
10 menit
x 2 Pertemuan
Inti
Pertemuan I
Sub bab A. Membaca Surah al-Falaq
v   Guru memberi motivasi bagaimana kelebihan orang yang membaca al-Quran. Di dalam buku teks selalu diawali dengan kalimat “ Amati dan ceritakan gambar berikut”. Di setiap akhir bab ada hikmah, rangkuman, dan ayo berlatih (Lihat buku teks). Literasi
v   Guru menanyakan arti al-Falaq. Lihat buku teks Communication
v   Guru menanyakan manfaat Surah al-Falaq. Lihat buku teks
v   Guru menanyakan cerita yang terkandung di dalam Surah al-Falaq.

Pertemuan II
Sub bab B. Menghafal al-Falaq
v   Guru memberi motivasi berkaitan dengan hikmat atau sya'faat bagi orang yang membaca al-Quran. Di dalam buku teks selalu diawali dengan kalimat “ Amati dan ceritakan gambar berikut”. Di setiap akhir bab ada hikmah. Communication
v   Guru meminta peserta didik membaca ayat per ayat surah al-Falaq hingga hafal.
v   Peserta didik dapat melakukannya secara berpasangan untuk saling mencermati hafalan di antara mereka. Collaboration
v   Guru terus memberikan motivasi, agar peserta didik bersemangat untuk menghafal surah al-Falaq. Communication
v   Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah al-Falaq pada buku tulis masing-masing. Mandiri
115 menit x 2 Pertemuan
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
v   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan penilaian hasil belajar
v   Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
15 menit
x 2 Pertemuan

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU

Mulyadi
   NIP / NIK : 196212221985031006/100921

Jakarta,                                2020
Guru Pendidikan Agama Islam

Eka Setia Putra
NIP / NIK :








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                       :       SDN PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran                             :       Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester                         :       IV (Empat) / 1
Pembelajaran (2)                         :       Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya
Alokasi Waktu                              :       6 x 35 menit JP (2 x Pertemuan)
Tgl Pelaksanaan                             :       …………………….

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Mengetahui Allah Swt itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya terutama yang ada di sekitar rumah dan sekolah.
v  Meyakini adanya Rasul Allah Swt.
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Peserta didik harus dalam kondisi siap menerima pelajaran. Guru mengucapkan salam dan dilanjutkan berdo’a bersama. Guru disarankan selalu menyapa peserta didik, misalnya “Apa kabar anak-anak?”. Religius
v   Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk Menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
10 menit
Inti
Pertemuan I
Beriman kepada Allah Swt dan Rasul-Nya
v   Guru mengajak peserta didik mencermati dan membaca surah al-Fatihah ayat ke 2 berikut!
v   Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab tentang beriman kepada Allah. Pertemuan II
Mengenal Allah Swt melalui Alam Semesta.
v   Guru meminta peserta didik membaca percakapan antara sahabat dengan Rasulullah Saw, dan menceritakan kembali isi percakapan itu. Literasi
v   Guru meminta peserta didik membaca percakapan antara Ahmad dengan ibunya, lalu menceritakan kembali isi percakapan, lihat buku teks!
Pertemuan IIII
Mengenal Allah Swt. melalui al-Qur'an.
v   Peserta didik mendiskusikan tentang mengenal Allah melalui al-Qur'an (peserta didik diharapkan mampu menulis ayat dan artinya) dan menjelaskan dengan singkat sesuai kemampuan. Collaboration
Pertemuan IV
Mengenal Allah Swt. melalui Asmaul Husna
v   Tanya jawab tentang asmaul husna. Guru menyampaikan pelajaran asmaul husna, hanya al-Bashir, al-‘Adl dan al-‘Adhim. Secara berpasangan, guru meminta peserta didik membaca asmaul husna tersebut. Gotong Royong
Pertemuan V
Beriman kepada Rasul Allah
v   Guru mengelompokkan peserta didik. Mereka diminta menjawab beberapa pertanyaan, antara lain: a) “Apakah kalian beriman kepada Rasul Allah? Guru dapat mengembangkan pertanyaan, selama tidak keluar dari materi pokok. Collaboration
v   Pada akhir pembelajaran, guru harus membuat kesimpulan dan penguatan yang dapat diingat oleh peserta didik. Misal: Allah Swt. ada, tetapi tidak terlihat. Bukti Allah Swt. ada ialah terciptanya alam semesta. Critical Thinking and Problem Solving
115 menit
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v   Bertanya jawab tentang materi yang telah
v   Melakukan penilaian hasil belajar
v   Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
15 menit
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU

Mulyadi
   NIP / NIK : 196212221985031006/100921

Jakarta,                                2020
Guru Pendidikan Agama Islam

Eka Setia Putra
NIP / NIK :










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                       :       SDN PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran                             :       Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester                         :       IV (Empat) / 1
Pembelajaran (3)                         :       Aku Anak Shalih
Alokasi Waktu                              :       6 x 35 menit JP (2 x Pertemuan)
Tgl Pelaksanaan                             :       …………………….

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Bersikap dan berperilaku jujur, amanah, hormat, patuh, santun kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
v  Bersikap santun dan menghargai teman-teman dalam kehidupan sehari-hari.
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Guru mengucapkan salam dan dilanjutkan berdo’a bersama. Religius
v   Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan Menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
10 menit
Inti
Pertemuan I
Sub Bab A Jujur Disayang Allah
Sebelum masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat makna dan contoh jujur, dan mengapa disayang Allah. Religius
Sub Bab B Amanah
Sebelum masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat makna dan contoh amanah, dan mengapa harus amanah. Communication
Sub Bab C Hormat dan Patuh kepada Orang tua
Sebelum masuk pada inti pembelajaran guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat makna dan contoh hormat dan patuh kepada orang
Sub Bab D Hormat kepada Guru
Sebelum masuk pada inti pembelajaran guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat makna dan contoh hormat kepada guru,
Sub Bab E Santun dan Menghargai Teman
Sebelum masuk pada inti pembelajaran guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat makna dan contoh santun dan menghargai teman,

Pembelajaran nilai-nilai jujur, hormat/patuh, santun, amanah dan lainnya harus dirancang dan dikondisikan dengan kesadaran tinggi guru maupun peserta didik. Pengondisian dapat dimulai dari tingkat kelas, karena dimungkinkan lebih mudah mengamati dan memantaunya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengondisikan penanaman nilai. Indikator tersebut disepakati bersama guru-siswa untuk ditaati bersama.

Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa ”, peserta didik diminta menceritakan bagaimana sikap santun dan menghargai teman. Mandiri
95 menit x 2 Pertemuan
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
v   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan penilaian hasil belajar
v   Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
15 menit

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU

Mulyadi
   NIP / NIK : 196212221985031006/100921

Jakarta,                                2020
Guru Pendidikan Agama Islam

Eka Setia Putra
NIP / NIK :
               

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                       :       SDN PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran                             :       Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester                         :       IV (Empat) / 1
Pembelajaran (4)                         :       Bersih Itu Sehat
Alokasi Waktu                              :       6 x 35 menit JP (2 x Pertemuan)
Tgl Pelaksanaan                          :       …………………….

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
v  Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
v  Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar sesuai ketentuan syariat Islam.
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Guru mengucapkan salam dan dilanjutkan berdo’a bersama. Guru disarankan selalu menyapa peserta didik, misalnya “Apa kabar anak-anak?”. Religius
v   Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v   Menyampaikan tujuan pembelajaran.  Communication
10 menit x 2 Pertemuan
Inti
Pertemuan I
Sub Bab A. Mengenal Arti Bersih dan Suci.
v   Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab tentang mengenal bersih dan suci. Setelah itu, guru mengajukan pertanyaan terkait materi yang ada pada buku teks. Misalnya: “Apakah ada perbedaan bersih dan suci?” Communication
Pertemuan II
Sub Bab B Aku Senang Melakukan Wudhu
Pada pelajaran ini, guru membangkitkan emosi peserta didik tentang cinta dan senang melakukan wudhu. Misalnya, pada pelajaran membaca al-Quran agar peserta didik melakukan wudhu terlebih dahulu. Bahkan Rasulullah menganjurkan orang Islam agar tidak putus wudhu-nya.
Penanaman nilai-nilai kebersihan dimulai dari pembiasaan sejak dini. Untuk pelajaran
melakukan wudhu guru menyiapkan waktu yang cukup. Pelajaran melakukan wudhu dan
praktiknya harus jelas dan teliti. Communication
Sub Bab C Ayo Belajar Tayammum
v   Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang tayammum. Misal: “Apakah ada di antara kalian yang pernah melakukan tayammum?”. Jika ada, maka ia diminta untuk memeragakannya. Jika tidak ada, maka guru meminta peserta didik membaca topik ayo belajar tayammum. Communication
v   Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik, misal: kapan tayammum digunakan? Bagaimana cara melakukan tayammum. Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan praktik tayammum. Urutannya, lihat buku teks. Creativity and Innovation
Pada kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” guru meminta peserta didik memeragakan cara melakukan tayammum (selain niat dan tertib). Mandiri

Pertemuan
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
v   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan penilaian hasil belajar
v   Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
15 menit
X 2 Pertemuan
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU

Mulyadi
   NIP / NIK : 196212221985031006/100921

Jakarta,                                2020
Guru Pendidikan Agama Islam

Eka Setia Putra
NIP / NIK :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                       :       SDN PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran                             :       Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester                         :       IV (Empat) / 1
Pembelajaran (5)                         :       Aku Cinta Nabi dan Rasul
Alokasi Waktu                              :       6 x 35 menit JP (2 x Pertemuan)
Tgl Pelaksanaan                             :       …………………….

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
v  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Zulkifli a.s., Nabi Harun a.s, dan Nabi Musa a.s.
v  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Zulkifli a.s., Nabi Harun a.s., dan Nabi Musa a.s..
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Guru mengucapkan salam dan dilanjutkan berdo’a bersama. Guru disarankan selalu menyapa peserta didik, misalnya “Apa kabar anak-anak?”. Religius
v   Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk Menyampaikan tujuan pembelajaran.  Communication
10 menit
Inti
Bab 5 Aku Cinta Nabi dan Rasul
v   Sebelum masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Ya Nabi Salam Alaika”. Kemudian menyampaikan secara singkat makna cinta nabi dan rasul, serta alasan mengapa harus mencintai nabi dan rasul. Communication
Pertemuan I
Sub Bab A Kisah Teladan Nabi Ayyub a.s.
v   Peserta didik bermenyimak cerita/kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s. Literasi
v   Peserta didik juga harus memahami bahwa Nabi Ayyub a.s. pernah mendapat ujian yang sangat hebat dari Allah Swt. tapi tetap tabah dan sabar.
v   Peserta didik diajak memahami rahasia ketabahan Nabi Ayyub a.s. menghadapi berbagai macam cobaan antara lain: pernah kaya raya, pernah juga miskin, ditimpa penyakit, dan lainnya.
Pertemuan II
Sub Bab B Kisah Teladan Nabi Musa a.s.
v   Peserta didik menyimak cerita/kisah keteladanan Nabi Musa a.s. secara individu.
v   Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
v   Peserta didik juga menyimak perilaku Fir'aun. Apa yang membuatnya menjadi sombong, angkuh, dan mengaku dirinya hebat menandingi Tuhan. Walaupun di akhir hayatnya, ia mati tragis ditelan Laut Merah. Creativity and Innovation
Pertemuan III
Sub Bab C Kisah Teladan Nabi Harun a.s.
v   Peserta didik menyimak kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
v   Peserta didik dapat mengambil pelajaran ketika Nabi Musa a.s. marah kepada Nabi Harun a.s.
v   Sub Bab D Kisah Teladan Nabi Zulkifli a.s.
v   Peserta didik menyimak kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s. Communication
v   Peserta didik mendiskusikan kebiasaan-kebiasaan Nabi Zulkifli a.s. Dan secara klasikal menyepakati beberapa sifat terpuji Nabi untuk diamalkan bersama. Collaboration
95 menit
x 2 Pertemuan
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan  Integritas
v   Bertanya jawab tentang materi yang telah
v   Melakukan penilaian hasil belajar
v   Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
15 menit
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU

Mulyadi
   NIP / NIK : 196212221985031006/100921

Jakarta,                                2020
Guru Pendidikan Agama Islam

Eka Setia Putra
NIP / NIK :


Komentar