rpp pai 1 lembar kelas 4 semester 2 k 13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Pembelajaran (1) : Mari Belajar Surah al-Falaq
Alokasi Waktu : 6
x 35 menit JP (2 x Pertemuan)
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Membaca surah al-Falaq dengan tartil.
v
Menulis
kalimat-kalimat dalam al-Falaq.
v Menunjukkan hafalan surah al-Falaq.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik
harus dalam kondisi siap menerima pelajaran. Guru mengucapkan salam dan
dilanjutkan berdo’a bersama. Guru disarankan selalu menyapa peserta didik,
misalnya “Apa kabar anak-anak?”. Religius
v
Memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran. Communication
|
10 menit
x 2
Pertemuan
|
Inti
|
Pertemuan I
Sub bab A.
Membaca Surah al-Falaq
v
Guru memberi motivasi
bagaimana kelebihan orang yang membaca al-Quran. Di dalam buku teks selalu
diawali dengan kalimat “ Amati dan ceritakan gambar berikut”. Di setiap akhir
bab ada hikmah, rangkuman, dan ayo berlatih (Lihat buku teks). Literasi
v
Guru menanyakan
arti al-Falaq. Lihat buku teks Communication
v
Guru menanyakan
manfaat Surah al-Falaq. Lihat buku
teks
v
Guru menanyakan cerita yang
terkandung di dalam Surah al-Falaq.
Pertemuan II
Sub bab B.
Menghafal al-Falaq
v
Guru memberi motivasi
berkaitan dengan hikmat atau sya'faat bagi orang yang membaca al-Quran. Di
dalam buku teks selalu diawali dengan kalimat “ Amati dan ceritakan gambar
berikut”. Di setiap akhir bab ada hikmah. Communication
v
Guru meminta peserta didik
membaca ayat per ayat surah al-Falaq
hingga hafal.
v
Peserta didik
dapat melakukannya secara berpasangan untuk saling mencermati hafalan di
antara mereka. Collaboration
v
Guru terus memberikan
motivasi, agar peserta didik bersemangat untuk menghafal surah al-Falaq. Communication
v
Pada kolom
kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” peserta didik diminta untuk menyalin surah
al-Falaq pada buku tulis
masing-masing. Mandiri
|
115 menit x 2
Pertemuan
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
x 2
Pertemuan
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Pembelajaran (2) : Beriman
kepada Allah dan Rasul-Nya
Alokasi Waktu : 6
x 35 menit JP (2 x Pertemuan)
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Mengetahui Allah Swt itu ada melalui pengamatan terhadap
makhluk ciptaan-Nya terutama yang ada di sekitar rumah dan sekolah.
v Meyakini adanya Rasul Allah Swt.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Peserta didik
harus dalam kondisi siap menerima pelajaran. Guru mengucapkan salam dan
dilanjutkan berdo’a bersama. Guru disarankan selalu menyapa peserta didik,
misalnya “Apa kabar anak-anak?”. Religius
v
Memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk Menyampaikan
tujuan pembelajaran. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
Pertemuan I
Beriman
kepada Allah Swt dan Rasul-Nya
v
Guru mengajak peserta didik
mencermati dan membaca surah al-Fatihah ayat ke 2 berikut!
v
Guru dan
peserta didik melakukan tanya jawab tentang beriman kepada Allah. Pertemuan II
Mengenal
Allah Swt melalui Alam Semesta.
v
Guru meminta
peserta didik membaca percakapan antara sahabat dengan Rasulullah Saw, dan
menceritakan kembali isi percakapan itu. Literasi
v
Guru meminta
peserta didik membaca percakapan antara Ahmad dengan ibunya, lalu
menceritakan kembali isi percakapan, lihat buku teks!
Pertemuan IIII
Mengenal
Allah Swt. melalui al-Qur'an.
v
Peserta didik
mendiskusikan tentang mengenal Allah melalui al-Qur'an (peserta didik
diharapkan mampu menulis ayat dan artinya) dan menjelaskan dengan singkat
sesuai kemampuan. Collaboration
Pertemuan IV
Mengenal
Allah Swt. melalui Asmaul Husna
v
Tanya jawab tentang asmaul
husna. Guru menyampaikan pelajaran asmaul husna, hanya al-Bashir,
al-‘Adl dan al-‘Adhim. Secara berpasangan, guru meminta
peserta didik membaca asmaul husna tersebut. Gotong Royong
Pertemuan
V
Beriman kepada Rasul Allah
v
Guru
mengelompokkan peserta didik. Mereka diminta menjawab beberapa pertanyaan,
antara lain: a) “Apakah kalian beriman kepada Rasul Allah? Guru dapat
mengembangkan pertanyaan, selama tidak keluar dari materi pokok. Collaboration
v
Pada akhir
pembelajaran, guru harus membuat kesimpulan dan penguatan yang dapat diingat
oleh peserta didik. Misal: Allah Swt. ada, tetapi tidak terlihat. Bukti Allah
Swt. ada ialah terciptanya alam semesta. Critical
Thinking and Problem Solving
|
115 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah
v
Melakukan penilaian
hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Pembelajaran (3) : Aku
Anak Shalih
Alokasi Waktu : 6
x 35 menit JP (2 x Pertemuan)
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Bersikap dan berperilaku jujur, amanah, hormat, patuh, santun
kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari.
v Bersikap santun dan menghargai teman-teman dalam kehidupan
sehari-hari.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru
mengucapkan salam dan dilanjutkan berdo’a bersama. Religius
v
Memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan Menyampaikan
tujuan pembelajaran. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
Pertemuan I
Sub Bab A Jujur Disayang Allah
Sebelum masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu menyampaikan
secara singkat makna dan contoh jujur, dan mengapa disayang Allah. Religius
Sub
Bab B Amanah
Sebelum
masuk pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu menyampaikan secara
singkat makna dan contoh amanah, dan mengapa harus amanah. Communication
Sub Bab C Hormat dan Patuh kepada Orang tua
Sebelum masuk pada inti pembelajaran guru terlebih dahulu menyampaikan
secara singkat makna dan contoh hormat dan patuh kepada orang
Sub Bab D Hormat kepada Guru
Sebelum masuk pada inti pembelajaran guru terlebih dahulu menyampaikan
secara singkat makna dan contoh hormat kepada guru,
Sub
Bab E Santun dan Menghargai Teman
Sebelum
masuk pada inti pembelajaran guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat
makna dan contoh santun dan menghargai teman,
Pembelajaran
nilai-nilai jujur, hormat/patuh, santun, amanah dan lainnya harus dirancang
dan dikondisikan dengan kesadaran tinggi guru maupun peserta didik. Pengondisian
dapat dimulai dari tingkat kelas, karena dimungkinkan lebih mudah mengamati
dan memantaunya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengondisikan penanaman
nilai. Indikator tersebut disepakati bersama guru-siswa untuk ditaati
bersama.
Pada
kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa ”, peserta didik diminta menceritakan bagaimana
sikap santun dan menghargai teman. Mandiri
|
95 menit x 2
Pertemuan
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : IV
(Empat) / 1
Pembelajaran (4) : Bersih
Itu Sehat
Alokasi Waktu : 6
x 35 menit JP (2 x Pertemuan)
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar.
v Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
v Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar sesuai ketentuan syariat Islam.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru
mengucapkan salam dan dilanjutkan berdo’a bersama. Guru disarankan selalu
menyapa peserta didik, misalnya “Apa kabar anak-anak?”. Religius
v
Memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran. Communication
|
10 menit x 2 Pertemuan
|
Inti
|
Pertemuan I
Sub Bab A. Mengenal Arti Bersih dan Suci.
v
Guru dan peserta
didik melakukan tanya jawab tentang mengenal bersih dan suci. Setelah itu, guru mengajukan pertanyaan terkait materi yang ada pada buku
teks. Misalnya: “Apakah ada perbedaan bersih dan suci?” Communication
Pertemuan II
Sub Bab B Aku Senang Melakukan Wudhu
Pada
pelajaran ini, guru membangkitkan emosi peserta didik tentang cinta dan senang
melakukan wudhu. Misalnya, pada pelajaran membaca al-Quran agar
peserta didik melakukan wudhu terlebih dahulu. Bahkan Rasulullah
menganjurkan orang Islam agar tidak putus wudhu-nya.
Penanaman
nilai-nilai kebersihan dimulai dari pembiasaan sejak dini. Untuk pelajaran
melakukan
wudhu guru menyiapkan waktu yang cukup. Pelajaran melakukan wudhu dan
praktiknya
harus jelas dan teliti. Communication
Sub Bab C Ayo Belajar
Tayammum
v
Guru dan peserta
didik bertanya jawab tentang tayammum. Misal: “Apakah ada
di antara kalian yang pernah melakukan tayammum?”. Jika ada, maka ia diminta
untuk memeragakannya. Jika tidak ada, maka guru meminta peserta didik membaca
topik ayo belajar tayammum. Communication
v
Guru
mengajukan pertanyaan kepada peserta didik, misal: kapan tayammum digunakan? Bagaimana cara melakukan tayammum. Peserta
didik dengan bimbingan guru melakukan praktik tayammum. Urutannya, lihat buku
teks. Creativity and Innovation
Pada
kolom kegiatan “Insya Allah, kamu bisa,” guru meminta peserta didik memeragakan
cara melakukan tayammum (selain
niat dan tertib). Mandiri
|
Pertemuan
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
X 2
Pertemuan
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Pembelajaran (5) : Aku
Cinta Nabi dan Rasul
Alokasi Waktu : 6
x 35 menit JP (2 x Pertemuan)
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
v Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Zulkifli
a.s., Nabi Harun a.s, dan Nabi Musa a.s.
v Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Zulkifli
a.s., Nabi Harun a.s., dan Nabi Musa a.s..
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru
mengucapkan salam dan dilanjutkan berdo’a bersama. Guru disarankan selalu
menyapa peserta didik, misalnya “Apa kabar anak-anak?”. Religius
v
Memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk Menyampaikan
tujuan pembelajaran. Communication
|
10 menit
|
Inti
|
Bab 5
Aku Cinta Nabi dan Rasul
v
Sebelum masuk
pada inti pembelajaran, guru terlebih dahulu mengajak peserta didik
menyanyikan lagu “Ya Nabi Salam Alaika”. Kemudian menyampaikan secara singkat
makna cinta nabi dan rasul, serta alasan mengapa harus mencintai nabi dan
rasul. Communication
Pertemuan I
Sub Bab A
Kisah Teladan Nabi Ayyub a.s.
v
Peserta didik bermenyimak
cerita/kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s. Literasi
v
Peserta didik juga harus
memahami bahwa Nabi Ayyub a.s. pernah mendapat ujian yang sangat hebat dari
Allah Swt. tapi tetap tabah dan sabar.
v
Peserta didik diajak memahami
rahasia ketabahan Nabi Ayyub a.s. menghadapi berbagai macam cobaan antara
lain: pernah kaya raya, pernah juga miskin, ditimpa penyakit, dan lainnya.
Pertemuan II
Sub
Bab B Kisah Teladan Nabi Musa a.s.
v
Peserta
didik menyimak cerita/kisah keteladanan Nabi Musa a.s. secara individu.
v
Peserta
didik bertanya jawab dengan guru tentang kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
v
Peserta
didik juga menyimak perilaku Fir'aun. Apa yang membuatnya menjadi sombong,
angkuh, dan mengaku dirinya hebat menandingi Tuhan. Walaupun di akhir
hayatnya, ia mati tragis ditelan Laut Merah. Creativity and Innovation
Pertemuan III
Sub Bab C Kisah Teladan Nabi Harun a.s.
v
Peserta didik
menyimak kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
v
Peserta
didik dapat mengambil pelajaran ketika Nabi Musa a.s. marah kepada Nabi Harun
a.s.
v
Sub
Bab D Kisah Teladan Nabi Zulkifli a.s.
v
Peserta
didik menyimak kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s. Communication
v
Peserta
didik mendiskusikan kebiasaan-kebiasaan Nabi Zulkifli a.s. Dan secara klasikal
menyepakati beberapa sifat terpuji Nabi untuk diamalkan bersama. Collaboration
|
95 menit
x 2 Pertemuan
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
Komentar
Posting Komentar