RPP PAI 1 lembar kelas 1 semester 2 k 13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (6) : Ayo
Belajar
Tema / Topik 1 : Semangat
Belajar Nabi Idris a.s.
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Menceritakan
kisah Nabi Idris a.s.;
v
Menyebutkan
sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Idris a.s.;
v
Menyebutkan
peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Idris a.s.;
v
Menunjukkan sikap
terpuji yang dimiliki Nabi Idris a.s.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memulai pembelajaran
dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa
kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyapa peserta didik.
v
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
v
Guru dapat memanfaatkan
media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau tayangan visual (film).
v
Guru menggunakan metode yang
digunakan adalah diskusi dalam bentuk the
educational diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang mengenai
pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas
pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman
yang benar
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru
meminta peserta didik mengamati gambar anak sedang belajar lalu menceritakan
isi gambar.
v
Guru
menanyakan siapa yang tahu nama-nama nabi dan rasul setelah Adam.
v
Peserta didik mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan
yang merata kepada siswa.
v
Guru memberi pujian kepada peserta didik atas jawabannya,
kemudian menyebutkan nama nabi yang akan dibahas.
v
Peserta mendengarkan dan memperhatikan cerita singkat Nabi
Idris a.s. Fokuskan kisah pada sifat positif dan perilaku yang dapat
diteladani, terutama sikap rajin belajar Nabi Idris a.s. sehingga Ia jadi
pandai.
v
Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik
bersama-sama mengucapkan “aku selalu rajin belajar”.
v
Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan
(dengan teman sebangku) mengamati gambar lalu menceritakannya kepada teman.
Diharapkan jawaban ceritanya mengarah pada sikap rajin belajar.
v
Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta
didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (6) : Ayo
Belajar
Tema / Topik 2 : Doa
Belajar
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Melafalkan doa sebelum dan
sesudah belajar dengan benar dan jelas;
v
Membaca doa sebelum dan sesudah
belajar dengan benar dan jelas;
v
Mengartikan doa sebelum dan
sesudah belajar dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memulai pembelajaran
dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa
kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
v
Untuk
mengetahui kemampuan awal (prates), peserta didik secara acak dipilih untuk
melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar.
|
10 menit
|
Inti
|
Pertama doa sebelum belajar:
v
Guru melafalkan kata per kata, misalkan “Rabbi” yang diikuti
oleh seluruh peserta didik, dilakukan
2-3 kali.
v
Guru melanjutkan dengan melafalkan “zidni” diikuti oleh
seluruh peserta didik, dilakukan 2-3 kali.
v
Guru terakhir melafalkan “ilman” yang diikuti oleh seluruh
peserta didik, dilakukan 2-3 kali.
v
Guru melafalkan secara utuh kalimat “Rabbi zidni ilman”
diikuti oleh seluruh peserta didik, dilakukan 2-3 kali.
v
Pelafalan dilakukan secara berulang-ulang sehingga
benar-benar dikuasai peserta didik.
v
Pelajaran selanjutnya adalah kalimat “warzuqni fahman”
(ikuti pola butir 2 sampai 6).
v
Untuk mengetahui penguasaan kompetensi ini, secara acak Guru
menunjuk peserta didik mendemonstrasikan pelafalan doa sebelum belajar.
v
Guru memberikan penguatan pelafalan kalimat doa sebelum
belajar. Kedua doa sesudah belajar:
v
Dilakukan
mengikuti langkah-langkah pembelajaran doa sebelum belajar.
Ketiga arti doa sebelum dan
sesudah belajar:
v
Guru mengucapkan “Ya Allah tambahkan ilmu kepadaku”, diikuti
peserta didik secara klasikal, lakukan 2-3 kali.
v
Guru mengucapkan “dan berilah aku pemahaman”, diikuti
peserta didik secara klasikal, dilakukan 2-3 kali.
v
Bersama-sama peserta didik mengartikan doa sebelum dan
sesudah belajar lengkap dengan artinya.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (6) : Ayo
Belajar
Tema / Topik 3 : Membaca
dan Menulis
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Peserta didik mampu menyebutkan
pesan-pesan surah al-Fatihah, Al-Ikhlas dan al-’Alaq dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memulai
pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa
kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyapa
peserta didik.
v
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Guru
menggunakan metode yang digunakan adalah diskusi dalam bentuk the educational
diagnosis meeting artinya peserta didik
berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi
pemahaman mereka. atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing
memperoleh pemahaman yang benar.
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru meminta peserta didik
mengamati gambar kegiatan membaca dan menulis di dalam buku teks.
v
Peserta didik mengemukakan
isi gambar tersebut.
v
Guru memberikan penjelasan
tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar
tersebut, yaitu pentingnya kemampuan membaca dan menulis. Disertai penjelasan
pesan surah al-‘Alaq/96: 1-5.
v
Guru meminta
peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku percaya Allah menciptakan
manusia” (kolom “sikapku”).
v
Peserta didik
secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk memperhatikan dan mencermati
gambar tersebut (kolom “ayo kerjakan”).
v
Peserta didik mengemukakan
isi gambar tersebut.
v
Guru membimbing peserta didik
untuk memberikan tanda (v) pada kolom
‘ya’ atau ‘tidak’ (kolom “insya Allah aku bisa”).
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Tema / Topik 4 : Rajin
Belajar
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mencontohkan perilaku rajin
belajar dengan benar;
v
Menunjukkkan perilaku rajin
belajar dengan benar.
MATERI PEMBELAJARAN
v
Pesan-pesan surah al-‘Alaq
tentang perilaku rajin belajar
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memulai pembelajaran
dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa
kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru meminta peserta didik mengamati gambar kegiatan belajar
bersama guru di dalam buku teks.
v
Peserta
didik mengemukakan isi gambar tersebut.
v
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik
tentang isi gambar tersebut, yaitu pentingnya rajin belajar.
v
Guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku
selalu rajin belajar” (kolom “sikapku”).
v
Peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk memperhatikan dan
mencermati gambar tersebut (kolom “ayo kerjakan”).
v
Guru membimbing jalannya diskusi dan kelompok yang lain
saling mengoreksi .
v
Salah satu kelompok atau individu menyampaikan simpulan
hasil diskusi.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (7) : Ayo Belajar Al-Qur’an
Tema / Topik 1 : Lafal
Surah Al-Ikhlas
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Peserta didik mampu melafalkan surah Al-Ikhlas dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Guru dapat memanfatkan media/alat peraga/ alat bantu bisa
berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan
Pembelajaran 8 mudah dilihat/dibaca, untuk mengkonkretkan antara apa yang
dilafalkan dan bentuk tulisannya, walaupun sebagian besar peserta didik kelas
1 belum bisa membaca tulisan al-Qur’an), atau bisa juga menggunakan media
audio (ICT) atau media lainnya.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah pertama:
Proses
melafalkan dengan langkah berikut ini:
Sebelum
melafalkan surah Al-Ikhlas, guru
membimbing peserta didik menyanyikan lagu “Baca al- Qur’an”.
v
Guru melafalkan surah Al-Ikhlas dengan suara jelas ayat 1 s.d. 2 diikuti seluruh
peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
v
Peserta didik
laki-laki dan perempuan atau berdasarkan tempat duduk (melakukan secara
bergantian 1-2 kali).
v
Guru melafalkan
surah Al-Ikhlas dengan suara jelas ayat 3 s.d. 4 diikuti seluruh
peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
v
Ikuti butir 2
sebelumnya.
v
Guru melafalkan
surah Al-Ikhlas dengan suara jelas, ayat 1 s.d. 4 diikuti
seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
v
Peserta didik
laki-laki dan perempuan atau berdasarkan tempat duduk (melakukan secara
bergantian 1-2 kali). Apabila belum bisa melafalkan dengan lancar, dapat
diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1 s.d. 6. Apabila
sudah banyak yang melafalkan secara individual, peserta didik
mendemonstrasikan pelafalannya).
v
Guru
menjelaskan bahwa peserta didik secara mandiri dapat melafalkan sendiri
(kolom “sikapku”).
v
Peserta didik
secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk melafalkan surah Al-Ikhlas secara bergantian (kolom “ayo kerjakan”).
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (7) : Ayo Belajar Al-Qur’an
Tema / Topik 2 : Hafal
Surah Al-Ikhlas
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Peserta didik mampu menunjukkan
hafalan surah Al-Ikhlas dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan
peserta didik.
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Guru dapat memanfatkan media/alat peraga/ alat bantu bisa
berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan
Pembelajaran 8 mudah dilihat/dibaca, untuk mengkonkretkan antara apa yang
dilafalkan dan bentuk tulisannya, walaupun sebagian besar peserta didik kelas
1 belum bisa membaca tulisan al-Qur’an), atau bisa juga menggunakan media
audio (ICT) atau media lainnya.
|
10 menit
|
Inti
|
Proses
menghafal dengan langkah berikut ini.
v
Guru melafalkan dengan cara menghafal surah Al-Ikhlas dengan
suara jelas ayat 1 s.d 2, diikuti seluruh peserta didik, lalu meminta salah
satu peserta didik untuk menghafalnya (lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali).
v
Teruskan ayat 3
sampai 4 (lakukan sebanyak 2-3 kali).
v Guru mengawali melafalkan pola terakhir ayat 1 s.d. 4 (satu
surat utuh) diikuti oleh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali). Apabila
belum hafal juga, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1 s.d.
3. Apabila sudah banyak yang hafal secara individual, peserta didik
mendemonstrasikan hafalannya)
v
Guru menjelaskan bahwa
peserta didik secara mandiri hafal surah
Al-Ikhlas (kolom
“sikapku”).
v
Peserta didik secara
berpasangan (dengan teman sebangku) untuk menghafal surah Al-Ikhlas secara
bergantian (kolom “ayo kerjakan”).
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (7) : Ayo Belajar Al-Qur’an
Tema / Topik 3 : Pesan
Surah Al-Ikhlas
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Peserta didik mampu menyebutkan
pesan-pesan yang terkandung di dalam surah
Al-Ikhlas dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan
peserta didik.
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Metode yang digunakan adalah diskusi dalam bentuk the educational diagnosis meeting,
artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud
saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran materi yang diterimanya
agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar. Jika memungkinkan melalui
tayangan terawangan, slide (media proyektor).
|
10 menit
|
Inti
|
v
Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang
pesan-pesan yang terkandung di dalam surah
Al-Ikhlas, secara klasikal atau individual.
v
Peserta didik
dibagi menjadi beberapa kelompok dengan kemampuan yang beragam.
v
Masing-masing kelompok
mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung di dalam surah Al-Ikhlas.
v
Masing-masing kelompok
menyampaikan hasil diskusi tentang pesanpesan yang terkandung di dalam surah Al-Ikhlas.
v
Guru membimbing jalannya
diskusi dan kelompok yang lain saling mengoreksi.
v
Salah satu
kelompok atau individu menyampaikan kesimpulan hasil diskusi.
v
Guru memberikan
penguatan hasil diskusi, diskusi yang dimaksud adalah diskusi sederhana di
mana peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud
saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterima agar
masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.
v
Guru meminta
peserta didik bersama-sama mengucapkan “Aku Percaya Allah Maha Esa”(kolom
“sikapku”).
v
Peserta didik
secara berpasangan (dengan teman sebangku) menyebutkan pesan-pesan surah Al-Ikhlas (kolom “ayo
kerjakan”).
v
Guru membimbing
peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘sudah’ atau ‘belum’ (kolom “insya Allah aku
bisa”).
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (8) : Allah
Mahakuasa
Tema / Topik 1 : Al-Malik
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mendemonstrasikan pelafalan al-Malik dengan benar;
v
Menyebutkan arti al-Malik dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan
peserta didik.
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/ alat bantu berupa
tulisan di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat
dibaca), Jika memungkinkan dapat memanfaatkan tayangan terawangan, slide
(media projector) untuk mengkonkretkan antara
apa yang diucapkan dan bentuk tulisannya.
|
10 menit
|
Inti
|
Proses melafalkan dengan langkah
berikut ini:
v
Guru menceritakan keindahan dan keteraturan alam, serta
menanyakan kepada peserta didik siapa yang mengatur itu dan menguasai itu
semua.
v
Peserta didik mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan
yang merata kepada siswa.
v
Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik
bersama-sama mengucapkan “aku percaya Allah Mahakuasa”.
v
Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan
(dengan teman sebangku) mengamati gambar lalu menceritakannya kepada teman.
Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Allah. Dapat juga ditambahkan tugas
mengamati lingkungan sekitar dan mencari jawaban siapa yang menciptakannya.
v
Guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v)
pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. dalam kolom“ dalam insya Allah aku bisa”
v
Guru membimbing peserta didik menyanyikan lagu “Allah
Mahakuasa”
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
I. PENILAIAN
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (8) : Allah
Mahakuasa
Tema / Topik 2 : Dua
Kalimat Syahadat
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mendemonstrasikan pelafalan dua
kalimat syahadat dengan benar dan jelas;
v
Mengartikan dua kalimat
syahadat dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Pertemuan ke-1
v
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Pertemuan ke-2
v
Guru
memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Pertemuan ke-1
Pelafalan
dua kalimat syahadat dibagi menjadi dua bagian pelafalan, pertama lafal
syahadat tauhid, kedua lafal syahadat rasul.
Peserta
didik diambil secara acak melafalkan dua kalimat syahadat, untuk mengetahui
kemampuan awal (prates).
Kedua, Syahadat Rasul:
v
Guru mendemonstrasikan pelafalan kalimat syahadat rasul kata
per kata (sebaiknya langsung oleh guru bersangkutan, media audio hanya
sebagai pendukung), peserta didik mencermati dan menirukannya. Pada waktu itu
juga, guru langsung membimbing dan membetulkan pelafalan yang kurang tepat,
baik secara individu maupun klasikal, sampai akhirmya selesai.
v
Guru secara acak menunjuk peserta didik mendemonstrasikan
pelafalan kalimat syahadat rasul untuk mengetahui kompetensi kelas.
v
Guru memberikan penguatan pelafalan kalimat syahadat tauhid.
(Setelah pelafalan dua kalimat di atas, guru secara utuh menggabungkan
kalimat syahadat tauhid dan syahadat rasul, diikuti oleh seluruh peserta
didik, lakukan 2-3 kali, sampai dipastikan seluruh peserta didik mampu melafalkannya).
Pertemuan ke-2
Langkah yang harus dilaksanakan:
v
Guru mengucapkan arti secara utuh syahadat rasul “dan aku
bersaksi bahwa Nabi Muhammad utusan Allah” diikuti seluruh peserta didik,
v
Peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku)
melafalkan dua kalimat syahadat secara berulang-ulang sampai hafal (kolom
“ayo kerjakan”).
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (9) : Ayo
Kita Salat
Tema / Topik 1 : Salat
Wajib
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Menyebutkan 5 salat wajib
dengan benar;
v
Menyebutkan
bilangan rakaat shalat wajib.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Guru
dapat memanfaatkan Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa kartu/kertas
(ditandai dengan warna yang beragam agar menarik) yang bertuliskan nama-nama shalat
wajib dan bilangan rakaatnya.
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru meminta peserta didik mengamati gambar anak-anak sedang salat
dalam buku teks.
v
Peserta didik mengemukakan
isi gambar tersebut.
v
Guru memberikan
pertanyaan untuk ditanggapi peserta didik. Misalnya, salat zuhur
berapa rakaat? Kemudian, guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan
yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut, termasuk
menjelaskan jumlah rakaat salat.
v
Guru membimbing
peserta didik untuk menyanyikan lagu “rakaat shalat”, lakukan secara
bergantian.
v
Guru meminta
peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku selalu melakukan shalat 5
waktu”. (kolom “sikapku”)
v
Peserta didik
secara berpasangan (dengan teman sebangku) menyebutkan nama-nama salat wajib
lima waktu (kolom “ayo kerjakan”). Dapat juga ditugaskan untuk mengamati
pelaksanaan salat di masjid atau musala dekat rumahnya, kemudian
ceritakan pada pertemuan berikutnya.
v
Guru membimbing
peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. (kolom “insya Allah aku
bisa”)
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran ( ) : Ayo Kita Salat
Tema / Topik 2 : Mengaji
di Sekitar Rumah
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Menyebutkan
kegiatan agama di sekitar rumah, dan
v
Menunjukkan
kegiatan agama di sekitar rumah.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru mengucapkan salam dan
berdoa bersama.
v
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
v
Guru dapat memanfaatkan
media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau tayangan visual (film).
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru mengajak peserta didik mengamati gambar anak-anak
sedang mengaji dalam buku teks.
v
Guru meminta peserta didik menceritakan isi gambar tersebut.
v
Peserta
didik mengemukakan isi gambar tersebut
Langkah dengan menggunakan
model role playing ini adalah:
v
Guru menjelaskan kepada peserta didik bahwa proses
pembelajaran materi menggunakan role playing.
v
Pemeran sebanyak 4 anak, 1 anak sebagai orang tua
(bapak/ibunya) 3 anak sebagai santri/peserta didik pengajian di madrasah/
mesjid
v
Orang tua memberitahuan anaknya bahwa sudah waktunya
berangkat mengaji. Anak berangkat sambil mengucapkan salam dan cium tangan. Anak
memberitahukan bahwa ia akan menemui dahulu teman-temannya, setelah itu bersama-sama
ke madrasah. (skenario dapat diubah disesuaikan dengan situasi dan kondisi).
v
Guru memberitahukan tugas kepada peserta didik untuk
mengamati peran-peran yang dimainkan.
v
Guru menunjuk peserta didik untuk memainkan peran sebanyak 4
orang.
v
Guru memberikan contoh peran, dan memberitahukan apa yang
harus dibicarakan oleh keempat pemeran tersebut.
v
Peserta didik yang ditunjuk untuk bermain peran sesuai
dengan petunjuk.
v
Peserta didik yang lain mengamatinya
v
Guru memastikan bahwa pemeranan sesuai dengan yang diharapkan
yakni menggambarkan perilaku-perilaku yang ada dalam materi ajar
v
Guru menunjuk peserta didik untuk memberi komentar tentang
perilakuperilaku yang diperankan oleh teman-temannya dalam kaitannya dengan kegiatan
agama di sekitar rumah.
v
Peserta didik membuat kesimpulan.
v
Guru memberikan penguatan materi.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (10) : Perilaku
Terpuji
Tema / Topik 1 : Berkata
Baik
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mencontohkan sikap yang baik
ketika berbicara dengan benar;
v
Menunjukkan sikap yang baik
ketika berbicara dengan benar..
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama. Mintalah satu anak yang
memimpin.
v
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Salah
satu model pengajaran yang digunakan dalam kompetensi ini di antaranya adalah
bermain peran (role playing). Model
ini bertujuan untuk mengeksplorasi perasaan peserta didik, mentransfer dan mewujudkan
pandangan mengenai perilaku, nilai dan persepsi peserta didik, mengembangkan
keterampilan (skill) memecahan
masalah dan tingkah laku, mengeksplorasi materi pelajaran dalam cara yang
berbeda.
|
10 menit
|
Inti
|
Menunjukkan
sikap yang baik ketika berbicara.
Langkah
dengan menggunakan model role playing ini adalah sebagai berikut.
v
Guru
menjelaskan kepada peserta didik bahwa proses pembelajaran materi menggunakan
role playing.
v
Pemeran
sebanyak 4 anak, perannya sebagai bapak, ibu, anak laki-laki dan anak
perempuan.
v
Anak laki-laki
dan perempuan mengucapkan salam sambil mencium tangan kedua orang tuanya,
anak laki-laki dengan ayahnya, anak perempuan dengan ibunya. (skenario
dapat diubah disesuaikan dengan situasi dan kondisi)
v
Guru
memberitahukan tugas kepada peserta didik untuk mengamati peran-peran yang
dimainkan.
v
Guru menunjuk peserta
didik untuk memainkan peran sebanyak 4 orang.
v
Guru memberikan contoh peran
dan memberitahukan apa yang harus dibicarakan oleh keempat pemeran tersebut.
v
Peserta didik yang ditunjuk
untuk bermain peran sesuai dengan petunjuk.
v
Peserta didik
yang lain mengamati.
v
Guru memastikan
bahwa pemeranan sesuai dengan yang diharapkan yakni menggambarkan perilaku
yang ada dalam materi ajar.
v
Guru menunjuk
peserta didik untuk memberi komentar tentang perilakuperilaku yang diperankan
oleh teman-temannya dalam kaitannya dengan sikap dan berkata baik.
v
Peserta didik membuat
kesimpulan.
v
Guru memberikan penguatan
materi.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui
hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (10) : Perilaku
Terpuji
Tema / Topik 2 : Hormat
dan Patuh
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mencontohkan perilaku hormat
dan patuh kepada orangtua dengan benar;
v
Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua;
v
Mencontohkan
perilaku hormat kepada guru;
v
Menunjukkan
perilaku hormat kepada guru;
v
Mencontohkan
perilaku hormat kepadasesama anggota keluarga;
v
Menunjukkan
perilaku hormat kepadasesama anggota keluarga..
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama. Mintalah satu anak yang
memimpin.
v
Guru
memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Contoh
langkah dengan menggunakan model role playing ini adalah:
v
Guru menjelaskan kepada peserta didik bahwa proses
pembelajaran materi menggunakan role playing.
v
Pemeran
sebanyak 3 anak, 1 anak sebagai bapak/ibu guru, 2 anak sebagai peserta didik.
v
Dua anak sedang
ngobrol santai, dari jarak yang tidak begitu jauh datang bapak/ibu guru,
kemudian 2 anak ini menemuinya dengan mengucapkan salam sambil mencium
tangannya. (skenario dapat diubah disesuaikan dengan situasi dan
kondisi).
v
Guru
memberitahukan tugas kepada peserta didik untuk mengamati peran-peran yang
dimainkan.
v
Guru menunjuk
peserta didik untuk memainkan peran sebanyak 3 orang.
v
Guru memberikan contoh peran
dan memberitahukan apa yang harus dibicarakan oleh ketiga pemeran
tersebut.
v
Peserta didik
yang ditunjuk untuk bermain peran sesuai dengan petunjuk.
v
Peserta didik
yang lain mengamati.
v
Peserta didik
membuat kesimpulan.
v
Guru memberikan penguatan
materi.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (10) : Perilaku
Terpuji
Tema / Topik 3 : Bersyukur
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Menyebutkan contoh perilaku
bersyukur atas karunia dan pemberian dengan benar.
v
Mengucapkan Alhamdulillah atas
segala karunia dan pemberian dengan lancar.
v
Memberikan sebagian karunia dan
pemberian kepada yang berhak menerimanya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama. Mintalah satu anak yang
memimpin.
v
Guru
menyapa dengan menanyakan kabar atau perasaan peserta didik
v
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru
meminta peserta didik mengamati gambar tentang kemurahan hati dalam buku
teks.
v
Peserta didik mengemukakan
isi gambar tersebut.
v
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi
gambar tersebut. Lalu mencontohkan cara bersyukur dengan mengucapkan alhamdulillah
disertai dengan cara memberi yang baik.
v
Guru meminta
peserta didik memeragakan cara memberi kepada temannya.
v
Dua peserta
didik diminta maju ke depan kelas, dan diminta memeragakan cara memberi yang
baik.
v
Guru meminta
peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku selalu mengucapkan alhamdulillah”.
Lalu guru meminta peserta didik untuk mencontohkannya. (kolom “sikapku”)
v
Peserta didik
secara berpasangan(dengan teman sebangku) untuk memperhatikan dan mencermati
gambar anak sedang mengangkat tangan selanjutnya mengemukakan isi gambar
tersebut. (kolom “ayo kerjakan”)
v
Guru membimbing peserta didik
untuk memberikan tanda (V) pada kolom
‘ya’ atau ‘tidak’. (kolom “insya Allah aku bisa”)
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (10) : Perilaku
Terpuji
Tema / Topik 4 : Pemaaf
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mencontohkan sikap pemaaf dengan
benar;
v
Menunjukkan sikap
pemaaf dengan benar
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama. Mintalah satu anak yang
memimpin.
v
Guru
menyapa dengan menanyakan kabar atau perasaan peserta didik
v
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Metode
yang digunakan adalah diskusi dalam bentuk The educational diagnosis meeting artinya peserta didik
berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi
pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing
memperoleh pemahaman yang benar.
v
Salah
satu model pengajaran yang digunakan dalam kompetensi ini di antaranya adalah
bermain peran (role playing). Model
ini bertujuan untuk mengeksplorasi perasaan peserta didik, mentransfer dan
mewujudkan pandangan mengenai perilaku, nilai dan persepsi peserta didik,
mengembangkan keterampilan (skill)
memecahan masalah dan tingkah laku, mengeksplorasi materi pelajaran dalam
cara yang berbeda.
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru mengajak peserta
didik mengamati gambar peserta didik bermaafan dalam buku teks.
v
Guru
meminta peserta didik menceritakan isi gambar tentang memaafkan.
v
Peserta didik
mengemukakan isi gambar tersebut
v
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi
gambar tersebut.
v
Guru
meminta kembali pendapat peserta didik dari isi gambar berikutnya.
v
Guru
meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku harus minta maaf dan
memaafkan”. (kolom “sikapku”)
v
Peserta
didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) memeragakan permintaan maaf.
(kolom “ayo kerjakan”)
v
Guru
membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau
‘tidak’. (kolom “insya Allah aku bisa”)
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (10) : Perilaku
Terpuji
Tema / Topik 4 : Jujur
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mencontohkan sikap pemaaf
dengan benar;
v
Menunjukkan sikap
pemaaf dengan benar
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memulai
pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
v
Guru dapat
memanfaatkan model pembelajaran yang digunakan dalam kompetensi ini, di
antaranya adalah bermain peran (role playing). Model ini bertujuan untuk
mengeksplorasi perasaan peserta didik; mentransfer dan mewujudkan pandangan
mengenai perilaku, nilai, dan persepsi peserta didik; mengembangkan
keterampilan (skill) memecahkan masalah dan tingkah laku; mengeksplorasi
materi pelajaran dalam cara yang berbeda..
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru meminta
peserta didik mengamati gambar suasana ulangan di kelas di dalam buku teks.
v
Peserta didik
mengemukakan isi gambar tersebut.
v
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang ada dalam buku teks dan apa yang
dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
v
Pada kolom
“sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “aku selalu
berkata jujur” sebagai penjelasan dan pengembangan materi.
v
Pada kolom “insya
Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada
kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
Alternatif lain dengan melaksanakan
model role playing. Contoh langkah dengan menggunakan model role playing ini
adalah sebagai berikut.
v
Guru menjelaskan
kepada peserta didik bahwa proses pembelajaran materi menggunakan role playing.
v
Tentukan jumlah
pemeran dan posisi pemeranannya.
v
Tentukan skenario
kegiatan (skenario dapat disesuaikan diubah dengan situasi dan kondisi).
v
Setelah skenario
disampaikan, selanjutnya peserta didik ditugasi untuk mengamati peran-peran
yang dimainkan.
v
Guru menunjuk
peserta didik untuk memainkan peran.
v
Guru memberikan
contoh peran dan memberitahukan apa yang harus dibicarakan oleh keempat
pemeran tersebut.
v
Peserta didik
yang ditunjuk untuk bermain peran sesuai dengan petunjuk.
v
Peserta didik
yang lain mengamatinya..
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
Pembelajaran (10) : Perilaku
Terpuji
Tema / Topik 4 : Percaya
Diri
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Mencontohkan sikap pemaaf
dengan benar;
v
Menunjukkan sikap
pemaaf dengan benar
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memulai
pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
v
Guru dapat
memanfaatkan model pembelajaran yang digunakan dalam kompetensi ini, di
antaranya adalah bermain peran (role playing). Model ini bertujuan untuk
mengeksplorasi perasaan peserta didik; mentransfer dan mewujudkan pandangan
mengenai perilaku, nilai, dan persepsi peserta didik; mengembangkan
keterampilan (skill) memecahkan masalah dan tingkah laku; mengeksplorasi
materi pelajaran dalam cara yang berbeda..
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru meminta
peserta didik mengamati gambar suasana ulangan di kelas di dalam buku teks.
v
Peserta didik
mengemukakan isi gambar tersebut.
v
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang ada dalam buku teks dan apa yang
dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
v
Pada kolom “insya
Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada
kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
Alternatif lain dengan melaksanakan
model role playing. Contoh langkah dengan menggunakan model role playing ini
adalah sebagai berikut.
v
Guru menjelaskan
kepada peserta didik bahwa proses pembelajaran materi menggunakan role
playing.
v
Tentukan jumlah
pemeran dan posisi pemeranannya.
v
Tentukan skenario
kegiatan (skenario dapat disesuaikan diubah dengan situasi dan kondisi).
v
Setelah skenario
disampaikan, selanjutnya peserta didik ditugasi untuk mengamati peran-peran
yang dimainkan.
v
Guru menunjuk
peserta didik untuk memainkan peran.
v
Guru memberikan
contoh peran dan memberitahukan apa yang harus dibicarakan oleh keempat
pemeran tersebut.
v
Peserta didik
yang ditunjuk untuk bermain peran sesuai dengan petunjuk.
v
Peserta didik
yang lain mengamatinya.
v
Guru memastikan
bahwa pemeranan sesuai dengan yang diharapkan yakni menggambarkan
perilaku-perilaku yang ada dalam materi ajar.
|
150 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
Komentar
Posting Komentar