PEMETAAN KI DAN KD K 13 PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS 6 SD

PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI 
KELAS VI ( ENAM )
KOMPETENSI INTI ( KI )
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut- nya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3. Memahami    pengetahuan    faktual    dengan    cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan  perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
BAB KI   KOMPETENSI DASAR ( KD )
1 KI 1 1.1 Terbiasa membaca Al-Qur'an dengan tartil.
KI 2  2.1 Menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahamanQ.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49: 12-13.
KI 3 3.1 Memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49: 12-13 dengan benar.
KI 4 4.1.1 Membaca Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49: 12-13 dengan jelas dan benar.
4.1.2 Menulis Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al- Hujurat, 49: 12-13 dengan benar.
4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49: 12-13 dengan benar.
2 KI 1 1.3 Meyakini adanya hari akhir sebagai implementasi pemahaman rukun iman.
KI 2  2.3 Menunjukkan perilaku rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari akhir
KI 3 3.3 Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
KI 4 4.3 Menunjukkan contoh hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
3 KI 1 1.2 Meyakini adanya Allah Swt. tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha Mendahulukan, dan Mahakekal.
KI 2 2.2 Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman makna al-asmaul al-husna: As- S amad, Al-Muqtadir, Al-Muqqadim, dan Al- Baqi.
KI 3 3.2 Memahami makna al-asmaul al- husna: As- S amad, Al-Muqtadir, Al-Muqqadim, dan Al-Baqi.
KI 4 4.2 Membaca al-asmaul al-husna: As- S amad, A-Muqtadir, Al-Muqqadim, dan Al-Baqi dengan jelas dan benar.
4 KI 1 1.7 Menjalankan kewajiban berzakat sebagai implementasi pemahaman rukun Islam.
KI 2 2.7 Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman hikmah zakat, infak, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam.
KI 3 3.7 Memahami hikmah zakat, infak,dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam.
KI 4 4.7 Menunjukkan hikmah zakat, infak,dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam.
5 KI 1 1.12 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
1.13 Meyakini kebenaran kisah sahabat- sahabat Nabi Muhammad saw.
KI 2 2.12 Menunjukkan sikap semangat dalam belajar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
2.13 Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemaham- an kisah keteladanan sahabat- sahabat Nabi Muhammad saw.
KI 3 3.12 Memahami kisah Nabi Muhammad saw.
3.13 Memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.
KI 4 4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.13 Menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.
6 KI 1 1.1 Terbiasa membaca Al-Qur'an dengan tartil.
KI 2 2.1 Menunjukkan perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai implementasi pemahamanQ.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49: 12-13.
KI 3 3.1 Memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49: 12-13 dengan benar.
KI 4 4.1.1 Membaca Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49: 12-13 dengan jelas dan benar.
4.1.2 Menulis Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al- Hujurat, 49: 12-13 dengan benar.
4.1.3 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49: 12-13 dengan benar.
7 KI 1 1.4 Meyakini adanya qada dan qadar.
KI 2 2.4 Menunjukkan perilaku berserah diri kepada Allah Swt. yang mencerminkan iman kepada qada dan qadar.
KI 3 3.4 Memahami hikmah beriman kepada qada dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
KI 4 4.4 Menunjukkan hikmah beriman kepada qada dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
8 KI 1 1.5 Meyakini bahwa perilaku hormat dan patuh kepada orang tua, guru, dan sesama anggota keluarga sebagai cerminan dari iman.
1.6 Meyakini bahwa sikap toleransi dan simpatik terhadap sesama sebagai cerminan dari iman.
KI 2 2.5 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua, guru, dan sesama anggota keluarga.
2.6 Menunjukkan sikap toleransi dan simpatik terhadap sesama.
KI 3 3.5 Memahami perilaku hormat dan patuh kepada orang tua, guru, dan sesama anggota keluarga.
3.6 Memahami sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Kafirun.
KI 4 4.5 Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua, guru, dan sesama anggota keluarga.
4.6 Menunjukkan sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Kafirun.
9 KI 1 1.7 Menjalankan kewajiban berzakat sebagai implementasi pemahaman rukun Islam.
KI 2 2.7 Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman hikmah zakat, infak, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam.
KI 3 3.7 Memahami hikmah zakat, infak, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam.
KI 4 4.7 Menunjukkan hikmah zakat, infak, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam
10 KI 1 1.8 Meyakini kebenaran kisah Nabi Yunus a.s.
1.9 Meyakini kebenaran kisah Nabi Zakariya a.s.
1.10 Meyakini kebenaran kisah Nabi Yahya a.s.
1.11 Meyakini kebenaran kisah Nabi Isa a.s.
1.14 Meyakini kebenaran kisah Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an.
KI 2 2.8  Menunjukkan sikap tanggung jawab sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
2.9 Menunjukkan sikap kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
2.10 Menunjukkan sikap patuh dan taat sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
2.11 Menunjukkan sikap peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
2.14 Menunjukkan sikap teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an.
KI 3 3.8 Memahami kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
3.9 Memahami kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
3.10 Memahami kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
3.11 Memahami kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
3.14 Memahami kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an.
KI 4 4.8 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an.
Guru PAI SDN Petojo Utara 01 PG
Eka Setia Putra

Komentar