PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR |
PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DAN BUDI PEKERTI |
KELAS VI ( ENAM ) |
|
|
|
|
|
KOMPETENSI
INTI ( KI ) |
1. |
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianut- nya. |
2. |
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya. |
3. |
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah. |
4. |
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia. |
|
|
|
|
BAB |
KI |
KOMPETENSI DASAR ( KD ) |
1 |
KI 1 |
1.1 |
Terbiasa
membaca Al-Qur'an dengan tartil. |
KI 2 |
2.1 |
Menunjukkan
perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai
implementasi pemahamanQ.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S.
Al-Hujurat, 49: 12-13. |
KI 3 |
3.1 |
Memahami
makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49: 12-13
dengan benar. |
KI 4 |
4.1.1 |
Membaca
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49: 12-13 dengan
jelas dan benar. |
4.1.2 |
Menulis
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al- Hujurat, 49: 12-13
dengan benar. |
4.1.3 |
Menunjukkan
hafalan Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49:
12-13 dengan benar. |
|
|
|
|
2 |
KI 1 |
1.3 |
Meyakini adanya hari akhir sebagai
implementasi pemahaman rukun iman. |
KI 2 |
2.3 |
Menunjukkan
perilaku rendah hati yang mencerminkan iman kepada hari akhir |
KI 3 |
3.3 |
Memahami hikmah
beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia. |
KI 4 |
4.3 |
Menunjukkan
contoh hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak
mulia. |
|
|
|
|
3 |
KI 1 |
1.2 |
Meyakini adanya
Allah Swt. tempat meminta, Maha Berkuasa, Maha Mendahulukan, dan Mahakekal. |
KI 2 |
2.2 |
Menunjukkan
sikap peduli sebagai implementasi pemahaman makna al-asmaul al-husna: As- S
amad, Al-Muqtadir, Al-Muqqadim, dan Al- Baqi. |
KI 3 |
3.2 |
Memahami makna
al-asmaul al- husna: As- S amad, Al-Muqtadir, Al-Muqqadim, dan Al-Baqi. |
KI 4 |
4.2 |
Membaca
al-asmaul al-husna: As- S amad, A-Muqtadir, Al-Muqqadim, dan Al-Baqi dengan
jelas dan benar. |
|
|
|
|
4 |
KI 1 |
1.7 |
Menjalankan
kewajiban berzakat sebagai implementasi pemahaman rukun Islam. |
KI 2 |
2.7 |
Menunjukkan
sikap peduli sebagai implementasi pemahaman hikmah zakat, infak, dan sedekah
sebagai implementasi rukun Islam. |
KI 3 |
3.7 |
Memahami hikmah
zakat, infak,dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam. |
KI 4 |
4.7 |
Menunjukkan
hikmah zakat, infak,dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam. |
|
|
|
|
5 |
KI 1 |
1.12 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. |
1.13 |
Meyakini
kebenaran kisah sahabat- sahabat Nabi Muhammad saw. |
KI 2 |
2.12 |
Menunjukkan
sikap semangat dalam belajar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw. |
2.13 |
Menunjukkan
sikap peduli sebagai implementasi pemaham- an kisah keteladanan sahabat-
sahabat Nabi Muhammad saw. |
KI 3 |
3.12 |
Memahami kisah
Nabi Muhammad saw. |
3.13 |
Memahami kisah
keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. |
KI 4 |
4.12 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
4.13 |
Menceritakan kisah keteladanan
sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. |
|
|
|
|
6 |
KI 1 |
1.1 |
Terbiasa
membaca Al-Qur'an dengan tartil. |
KI 2 |
2.1 |
Menunjukkan
perilaku toleran, simpati, waspada, berbaik sangka, dan hidup rukun sebagai
implementasi pemahamanQ.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S.
Al-Hujurat, 49: 12-13. |
KI 3 |
3.1 |
Memahami
makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49: 12-13
dengan benar. |
KI 4 |
4.1.1 |
Membaca
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49: 12-13 dengan
jelas dan benar. |
4.1.2 |
Menulis
Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al- Hujurat, 49: 12-13
dengan benar. |
4.1.3 |
Menunjukkan
hafalan Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Maidah, 5: 2-3, dan Q.S. Al-Hujurat, 49:
12-13 dengan benar. |
|
|
|
|
7 |
KI 1 |
1.4 |
Meyakini
adanya qada dan qadar. |
KI 2 |
2.4 |
Menunjukkan
perilaku berserah diri kepada Allah Swt. yang mencerminkan iman kepada qada
dan qadar. |
KI 3 |
3.4 |
Memahami
hikmah beriman kepada qada dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak
mulia. |
KI 4 |
4.4 |
Menunjukkan
hikmah beriman kepada qada dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak
mulia. |
|
|
|
|
8 |
KI 1 |
1.5 |
Meyakini
bahwa perilaku hormat dan patuh kepada orang tua, guru, dan sesama anggota
keluarga sebagai cerminan dari iman. |
1.6 |
Meyakini
bahwa sikap toleransi dan simpatik terhadap sesama sebagai cerminan dari
iman. |
KI 2 |
2.5 |
Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua, guru, dan sesama anggota
keluarga. |
2.6 |
Menunjukkan
sikap toleransi dan simpatik terhadap sesama. |
KI 3 |
3.5 |
Memahami
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua, guru, dan sesama anggota
keluarga. |
3.6 |
Memahami
sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S.
Al-Kafirun. |
KI 4 |
4.5 |
Mencontohkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua, guru, dan sesama anggota
keluarga. |
4.6 |
Menunjukkan
sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S.
Al-Kafirun. |
|
|
|
|
9 |
KI 1 |
1.7 |
Menjalankan
kewajiban berzakat sebagai implementasi pemahaman rukun Islam. |
KI 2 |
2.7 |
Menunjukkan
sikap peduli sebagai implementasi pemahaman hikmah zakat, infak, dan sedekah
sebagai implementasi rukun Islam. |
KI 3 |
3.7 |
Memahami
hikmah zakat, infak, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam. |
KI 4 |
4.7 |
Menunjukkan
hikmah zakat, infak, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam |
|
|
|
|
|
|
10 |
KI 1 |
1.8 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Yunus a.s. |
|
1.9 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Zakariya a.s. |
|
1.10 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Yahya a.s. |
|
1.11 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Isa a.s. |
|
1.14 |
Meyakini
kebenaran kisah Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an. |
KI 2 |
2.8 |
Menunjukkan sikap tanggung jawab sebagai
implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. |
|
2.9 |
Menunjukkan
sikap kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi
Zakariya a.s. |
|
2.10 |
Menunjukkan
sikap patuh dan taat sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi
Yahya a.s. |
|
2.11 |
Menunjukkan
sikap peduli sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Isa a.s. |
|
2.14 |
Menunjukkan
sikap teguh pendirian sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan
Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an. |
KI 3 |
3.8 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. |
|
3.9 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. |
|
3.10 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. |
|
3.11 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Isa a.s. |
|
3.14 |
Memahami
kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an. |
KI 4 |
4.8 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Yunus a.s. |
|
4.9 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s. |
|
4.10 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Yahya a.s. |
|
4.11 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Isa a.s. |
|
4.14 |
Menceritakan
kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an. |
|
|
|
Guru PAI SDN Petojo Utara 01 PG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Eka Setia Putra |
Komentar
Posting Komentar