PEMETAAN KI DAN KD K 13 PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS 4 SD

PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI 
KELAS IV ( EMPAT )
KOMPETENSI INTI ( KI )
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianut- nya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.
3. Memahami    pengetahuan    faktual    dengan    cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan  perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
BAB KI   KOMPETENSI DASAR ( KD )
1 KI 1 1.1 Terbiasa membaca Al-Qur'an dengan tartil.
KI 2  2.1 Menunjukkan sikap kerja sama dan peduli sebagai implementasi pemahaman makna Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil.
KI 3 3.1 Memahami Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil dengan baik dan benar.
KI 4 4.1.1 Membaca Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil dengan tartil.
4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al Fil dengan benar
4.1.3 Menunjukkan  hafalan Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil dengan lancar.
2 KI 1 1.2 Meyakini Allah Swt. itu ada melalui pengamatan ter- hadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
1.3 Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Melihat, Maha- adil, dan Mahaagung.
1.5 Meyakini adanya rasul-rasul Allah Swt.
KI 2  2.2 Menunjukkan sikap percaya diri sebagai implementasi pemahaman Allah Swt. itu ada.
2.3 Menunjukkan sikap hati-hati, hormat, dan kerja sama sebagai implementasi pemahaman makna al-asmau al-husna: Al-Basir, Al-'Adl, dan Al-'Azim.
2.5 Menunjukkan sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para rasul Allah Swt. yang tecermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
KI 3 3.2 Memahami Allah Swt. itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
3.3 Memahami  makna  al-asmau  al-husna:  Al-Basir,  Al-'Adl dan 'Al 'Azim
3.5 Memahami makna iman kepada rasul Allah Swt.
KI 4 4.2 Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah Swt. di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah Swt. itu ada.
4.3 Membaca al-asmau al-husna: Al-Basir, Al-'Adl, dan Al-'Azim dengan jelas dan benar
4.5 Mencontohkan makna iman kepada rasul Allah Swt.
3 KI 1 1.6 Meyakini bahwa sikap santun dan menghargai teman sebagai cerminan dari iman.
1.9 Meyakini bahwa perilaku jujur sebagai cerminan dari iman.
1.10 Meyakini bahwa perilaku amanah sebagai cerminan dari iman.
1.11 Meyakini  bahwa  perilaku  hormat  dan  patuh  kepada orang tua dan guru sebagai cerminan dari iman.
1.20 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
KI 2 2.6 Menunjukkan sikap santun dan menghargai teman.
2.9 Menunjukkan  perilaku jujur dalam kehidupan  sehari- hari.
2.10 Menunjukkan   perilaku   amanah   dalam   kehidupan sehari-hari.
2.11 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
2.20 Menunjukkan  sikap  santun  dan  menghargai  teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
KI 3 3.6 Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat sekitar.
3.9 Memahami  makna  perilaku  jujur  dalam  kehidupan sehari-hari.
3.10 Memahami makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari.
3.11 Memahami makna perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
3.20 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
KI 4 4.6 Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat sekitar.
4.9 Mencontohkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari- hari.
4.10 Mencontohkan  perilaku  amanah  dalam  kehidupan sehari-hari.
4.11 Mencontohkan  perilaku  hormat  dan  patuh  kepada orang tua dan guru.
4.20 Menceritakan  kisah  keteladanan  Nabi  Muhammad saw.
4 KI 1 1.14 Menerapkan  ketentuan  syariat  Islam  dalam  bersuci dari hadas kecil.
KI 2 2.14 Menunjukkan  perilaku  bersih  sebagai  implementasi pemahaman tata cara bersuci dari hadas kecil.
KI 3 3.14 Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syariat Islam.
KI 4 4.14 Mempraktikkan  tata  cara  bersuci  dari  hadas  kecil sesuai ketentuan syariat Islam.
5 KI 1 1.16 Meyakini kebenaran kisah Nabi Ayyub a.s.
1.17 Meyakini kebenaran kisah Nabi Zulkifli a.s.
1.18 Meyakini kebenaran kisah Nabi Harun a.s.
1.19 Meyakini kebenaran kisah Nabi Musa a.s.
KI 2 2.16 Menunjukkan   sikap   sabar   sebagai   implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
2.17 Menunjukkan sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
2.18 Menunjukkan perilaku kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
2.19 Menunjukkan    sikap    berani   dan    sikap   pantang menyerah sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
KI 3 3.16 Memahami kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
3.17 Memahami kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
3.18 Memahami kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
3.19 Memahami kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
KI 4 4.16 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4.17 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
4.18 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
4.19 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
6 KI 1 1.1 Terbiasa membaca Al-Qur'an dengan tartil.
KI 2 2.1 Menunjukkan sikap kerja sama dan peduli sebagai implementasi pemahaman makna Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil.
KI 3 3.1 Memahami Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil dengan baik dan benar.
KI 4 4.1.1 Membaca Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil dengan tartil.
4.1.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al Fil dengan benar
4.1.3 Menunjukkan  hafalan Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil dengan lancar.
7 KI 1 1.4 Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
KI 2 2.4 Menunjukkan sikap patuh sebagai implementasi dari pemahaman makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
KI 3 3.4 Memahami makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar
KI 4 4.4 Melakuakn pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
8 KI 1 1.7 Meyakini bahwa sikap rendah hati sebagai cerminan dari iman
1.8 Meyakini bahwa perilaku hemat sebagai cerminan dari iman
1.12 Meyakini bahwa perilaku gemar membaca  sebagai cerminan dari iman
1.13 Meyakini bahwa sikap pantang menyerah sebagai cerminan dari iman
KI 2 2.7 Menunjukkan sikap rendah hati
2.8 Menunjukkan sikap hemat
2.12 Menunjukkan sikap gemar membaca
2.13 Menunjukkan sikap pantang menyerah
KI 3 3.7 Memahami sikap rendah hati
3.8 Memahami sikap hemat
3.12 Memahami sikap gemar membaca
3.13 Memahami sikap pantang menyerah
KI 4 4.7 Mencontohkan sikap rendah hati
4.8 Mencontohkan sikap hemat
4.12 Mencontohkan sikap gemar membaca
4.13 Mencontohkan sikap pantang menyerah
9 KI 1 1.15 Menjalankan salat dengan tertib
KI 2 2.15 Menunjukkan sikap disiplin sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah salat
KI 3 3.15 memahami makna ibadah salat
KI 4 4.15.1 Menunjukkan contoh makna ibadah salat
4.15.2 menceritakan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah
10 KI 1 1.21 Meyakini keimanan Wali Songo kepada Allah SWT
KI 2 2.21 Menunjukkan perlaku peduli dan rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Wali Songo
KI 3 3.21 Memahami kisah keteladanan Wali Songo
KI 4 4.21 Menceritakan kisah keteladanan Wali Songo
Guru PAI SDN Petojo Utara 01 PG
Eka Setia Putra

Komentar