PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR |
PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DAN BUDI PEKERTI |
KELAS IV ( EMPAT ) |
|
|
|
|
|
KOMPETENSI
INTI ( KI ) |
1. |
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianut- nya. |
2. |
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya. |
3. |
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah. |
4. |
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia. |
|
|
|
|
BAB |
KI |
KOMPETENSI DASAR ( KD ) |
1 |
KI 1 |
1.1 |
Terbiasa
membaca Al-Qur'an dengan tartil. |
KI 2 |
2.1 |
Menunjukkan
sikap kerja sama dan peduli sebagai implementasi pemahaman makna Q.S.
Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil. |
KI 3 |
3.1 |
Memahami
Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil dengan baik dan benar. |
KI 4 |
4.1.1 |
Membaca
Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil dengan tartil. |
4.1.2 |
Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al Fil dengan benar |
4.1.3 |
Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil
dengan lancar. |
|
|
|
|
2 |
KI 1 |
1.2 |
Meyakini Allah
Swt. itu ada melalui pengamatan ter- hadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar
rumah dan sekolah. |
1.3 |
Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha
Melihat, Maha- adil, dan Mahaagung. |
1.5 |
Meyakini adanya
rasul-rasul Allah Swt. |
KI 2 |
2.2 |
Menunjukkan
sikap percaya diri sebagai implementasi pemahaman Allah Swt. itu ada. |
2.3 |
Menunjukkan
sikap hati-hati, hormat, dan kerja sama sebagai implementasi pemahaman makna
al-asmau al-husna: Al-Basir, Al-'Adl, dan Al-'Azim. |
2.5 |
Menunjukkan
sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para rasul Allah Swt. yang
tecermin dari perilaku kehidupan sehari-hari. |
KI 3 |
3.2 |
Memahami Allah
Swt. itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah
dan sekolah. |
3.3 |
Memahami makna
al-asmau al-husna: Al-Basir,
Al-'Adl dan 'Al 'Azim |
3.5 |
Memahami makna
iman kepada rasul Allah Swt. |
KI 4 |
4.2 |
Melakukan
pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah Swt. di sekitar rumah dan sekolah
sebagai upaya mengenal Allah Swt. itu ada. |
4.3 |
Membaca al-asmau
al-husna: Al-Basir, Al-'Adl, dan Al-'Azim dengan jelas dan benar |
4.5 |
Mencontohkan
makna iman kepada rasul Allah Swt. |
|
|
|
|
3 |
KI 1 |
1.6 |
Meyakini bahwa
sikap santun dan menghargai teman sebagai cerminan dari iman. |
1.9 |
Meyakini bahwa
perilaku jujur sebagai cerminan dari iman. |
1.10 |
Meyakini bahwa
perilaku amanah sebagai cerminan dari iman. |
1.11 |
Meyakini bahwa
perilaku hormat dan
patuh kepada orang tua dan guru
sebagai cerminan dari iman. |
1.20 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. |
KI 2 |
2.6 |
Menunjukkan
sikap santun dan menghargai teman. |
2.9 |
Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari- hari. |
2.10 |
Menunjukkan perilaku
amanah dalam kehidupan sehari-hari. |
2.11 |
Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. |
2.20 |
Menunjukkan sikap
santun dan menghargai
teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar sebagai
implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
KI 3 |
3.6 |
Memahami sikap santun dan
menghargai teman, baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat sekitar. |
3.9 |
Memahami makna
perilaku jujur dalam
kehidupan sehari-hari. |
3.10 |
Memahami makna
perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari. |
3.11 |
Memahami makna
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. |
3.20 |
Memahami kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw. |
KI 4 |
4.6 |
Mencontohkan
sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, maupun di
masyarakat sekitar. |
4.9 |
Mencontohkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari- hari. |
4.10 |
Mencontohkan perilaku
amanah dalam kehidupan sehari-hari. |
4.11 |
Mencontohkan perilaku
hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru. |
4.20 |
Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw. |
|
|
|
|
4 |
KI 1 |
1.14 |
Menerapkan ketentuan
syariat Islam dalam
bersuci dari hadas kecil. |
KI 2 |
2.14 |
Menunjukkan perilaku
bersih sebagai implementasi pemahaman tata cara bersuci
dari hadas kecil. |
KI 3 |
3.14 |
Memahami tata cara bersuci dari hadas
kecil sesuai ketentuan syariat Islam. |
KI 4 |
4.14 |
Mempraktikkan tata
cara bersuci dari
hadas kecil sesuai ketentuan
syariat Islam. |
|
|
|
|
5 |
KI 1 |
1.16 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Ayyub a.s. |
1.17 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Zulkifli a.s. |
1.18 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Harun a.s. |
1.19 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Musa a.s. |
KI 2 |
2.16 |
Menunjukkan sikap
sabar sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan
Nabi Ayyub a.s. |
2.17 |
Menunjukkan
sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi
Zulkifli a.s. |
2.18 |
Menunjukkan
perilaku kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi
Harun a.s. |
2.19 |
Menunjukkan sikap
berani dan sikap
pantang menyerah sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi
Musa a.s. |
KI 3 |
3.16 |
Memahami kisah
keteladanan Nabi Ayyub a.s. |
3.17 |
Memahami kisah
keteladanan Nabi Zulkifli a.s. |
3.18 |
Memahami kisah
keteladanan Nabi Harun a.s. |
3.19 |
Memahami kisah
keteladanan Nabi Musa a.s. |
KI 4 |
4.16 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s. |
4.17 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s. |
4.18 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Harun a.s. |
4.19 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Musa a.s. |
|
|
|
|
6 |
KI 1 |
1.1 |
Terbiasa
membaca Al-Qur'an dengan tartil. |
KI 2 |
2.1 |
Menunjukkan
sikap kerja sama dan peduli sebagai implementasi pemahaman makna Q.S.
Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil. |
KI 3 |
3.1 |
Memahami
Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil dengan baik dan benar. |
KI 4 |
4.1.1 |
Membaca
Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil dengan tartil. |
4.1.2 |
Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al Fil dengan benar |
4.1.3 |
Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Falaq dan Q.S. Al-Fil
dengan lancar. |
|
|
|
|
7 |
KI 1 |
1.4 |
Meyakini
keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT |
KI 2 |
2.4 |
Menunjukkan
sikap patuh sebagai implementasi dari pemahaman makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah |
KI 3 |
3.4 |
Memahami
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya dan alam sekitar |
KI 4 |
4.4 |
Melakuakn
pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah |
|
|
|
|
8 |
KI 1 |
1.7 |
Meyakini
bahwa sikap rendah hati sebagai cerminan dari iman |
1.8 |
Meyakini
bahwa perilaku hemat sebagai cerminan dari iman |
1.12 |
Meyakini
bahwa perilaku gemar membaca sebagai
cerminan dari iman |
1.13 |
Meyakini
bahwa sikap pantang menyerah sebagai cerminan dari iman |
KI 2 |
2.7 |
Menunjukkan
sikap rendah hati |
2.8 |
Menunjukkan
sikap hemat |
2.12 |
Menunjukkan
sikap gemar membaca |
2.13 |
Menunjukkan
sikap pantang menyerah |
KI 3 |
3.7 |
Memahami sikap rendah
hati |
3.8 |
Memahami sikap hemat |
3.12 |
Memahami sikap gemar
membaca |
3.13 |
Memahami sikap
pantang menyerah |
KI 4 |
4.7 |
Mencontohkan
sikap rendah hati |
4.8 |
Mencontohkan
sikap hemat |
4.12 |
Mencontohkan
sikap gemar membaca |
4.13 |
Mencontohkan
sikap pantang menyerah |
|
|
|
|
9 |
KI 1 |
1.15 |
Menjalankan
salat dengan tertib |
KI 2 |
2.15 |
Menunjukkan
sikap disiplin sebagai implementasi dari pemahaman makna ibadah salat |
KI 3 |
3.15 |
memahami makna ibadah
salat |
KI 4 |
4.15.1 |
Menunjukkan contoh
makna ibadah salat |
4.15.2 |
menceritakan
pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah |
|
|
|
|
10 |
KI 1 |
1.21 |
Meyakini
keimanan Wali Songo kepada Allah SWT |
KI 2 |
2.21 |
Menunjukkan
perlaku peduli dan rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah
keteladanan Wali Songo |
KI 3 |
3.21 |
Memahami
kisah keteladanan Wali Songo |
KI 4 |
4.21 |
Menceritakan
kisah keteladanan Wali Songo |
|
|
|
Guru PAI SDN Petojo Utara 01 PG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Eka Setia Putra |
Komentar
Posting Komentar