| PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR |
| PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DAN BUDI PEKERTI |
| KELAS V ( LIMA ) |
|
|
|
|
|
| KOMPETENSI
INTI ( KI ) |
| 1. |
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianut- nya. |
| 2. |
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya. |
| 3. |
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah. |
| 4. |
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia. |
|
|
|
|
| BAB |
KI |
KOMPETENSI DASAR ( KD ) |
| 1 |
KI 1 |
1.1 |
Terbiasa
membaca Al-Qur'an dengan tartil. |
| KI 2 |
2.1 |
Menunjukkan
sikap kerja sama dan peduli sebagai implementasi pemahaman makna Q.S. At-Tiin
dan Q.S. Al-Maa'uun. |
| KI 3 |
3.1 |
Memahami
makna Q.S. At-Tiin dan Q.S. Al-Maa'uun dengan baik dan tartil. |
| KI 4 |
4.1.1 |
Membaca
Q.S. At-Tiin dan Q.S.Al-Maa'uun dengan tartil. |
| 4.1.2 |
Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S. At-Tiin dan Q.S. Al Maa'uun dengan benar. |
| 4.1.3 |
Menunjukkan
hafalan Q.S. At-Tiin dan Q.S. Al-Maa'uun dengan lancar. |
|
|
|
|
| 2 |
KI 1 |
1.2 |
Meyakini adanya
Allah Swt. Yang Maha Mematikan, Mahahidup, Maha berdiri Sendiri dan Maha Esa. |
| 1.4 |
Meyakini adanya
kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman. |
| KI 2 |
2.2 |
Menunjukkan
sikap berani, peduli, mandiri, dan teguh pendirian sebagai implementasi
pemahaman makna al-asmaul husna: Al-Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al- Ahad. |
| 2.4 |
Menunjukkan
sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman makna diturunkannya
kitab-kitab suci melalui rasul-rasul- Nya. |
| KI 3 |
3.2 |
Memahami makna
al-asmaul husna: Al-Mumit, Al-Hayyu, Al Qayyum, dan Al-Ahad. |
| 3.4 |
Memahami makna
diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul- Nya sebagai implementasi
rukun iman. |
| KI 4 |
4.2 |
Membaca
al-asmaul husna: Al Mumit, Al-Hayyu, Al-Qayyum, dan Al-Ahad dengan jelas dan
benar. |
| 4.4 |
Menunjukkan
makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul- Nya sebagai
implementasi rukun iman. |
|
|
|
|
| 3 |
KI 1 |
1.5 |
Meyakini bahwa perilaku jujur
sebagai cerminan dari iman. |
| 1.6 |
Meyakini bahwa
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai cerminan dari iman. |
| 1.7 |
Meyakini bahwa
sikap saling menghargai sesama manusia sebagai cerminan dari iman. |
| KI 2 |
2.5 |
Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehai-hari. |
| 2.6 |
Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua, dan guru. |
| 2.7 |
Menunjukkan
sikap saling menghargai sesama manusia. |
| KI 3 |
3.5 |
Memahami makna perilaku jujur
dalam kehidupan sehari-hari. |
| 3.6 |
Memahami makna
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. |
| 3.7 |
Memahami makna
saling menghargai sesama manusia. |
| KI 4 |
4.5 |
Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. |
| 4.6 |
Mencontohkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. |
| 4.7 |
Mencontohkan
sikap saling menghargai sesama manusia. |
|
|
|
|
| 4 |
KI 1 |
1.10 |
Menjalankan
kewajiban puasa Ramadan sebagai implementasi dari pemahaman rukun lslam. |
| KI 2 |
2.10 |
Menunjukkan
sikap sabar dan mengendalikan diri sebagai implementasi dari pemahaman hikmah
puasa Ramadan. |
| KI 3 |
3.10 |
Memahami hikmah puasa Ramadan yang
dapat membentuk akhlak mulia. |
| KI 4 |
4.10 |
Menunjukkan
hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia. |
|
|
|
|
| 5 |
KI 1 |
1.12 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Dawud a.s. |
| 1.13 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Sulaiman a.s. |
| 1.14 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi llyas a.s. |
| 1.15 |
Meyakini
kebenaran kisah keteladanan Nabi llyasa a.s. |
| 1.16 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. |
| KI 2 |
2.12 |
Menunjukkan
sikap berani sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Dawud
a.s. |
| 2.13 |
Menunjukkan
sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi
Sulaiman a.s. |
| 2.14 |
Menunjukkan
sikap sabar sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi llyas
a.s. |
| 2.15 |
Menunjukkan
sikap kerja sama sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi
llyasa a.s. |
| 2.16 |
Menunjukkan
sikap jujur dan peduli sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw. |
| KI 3 |
3.12 |
Memahami kisah
keteladanan Nabi Dawud a.s. |
| 3.13 |
Memahami kisah
keteladanan Nabi Sulaiman a.s. |
| 3.14 |
Memahami kisah
keteladanan Nabi llyas a.s. |
| 3.15 |
Memahami kisah
keteladanan Nabi llyasa a.s. |
| 3.16 |
Memahami kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw. |
| KI 4 |
4.12 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Dawud a.s. |
| 4.13 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. |
| 4.14 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi llyas a.s. |
| 4.15 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi llyasa a.s. |
| 4.16 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
|
|
|
|
| 6 |
KI 1 |
1.1 |
Terbiasa
membaca Al-Qur'an dengan tartil. |
| KI 2 |
2.1 |
Menunjukkan
sikap kerja sama dan peduli sebagai implementasi pemahaman makna Q.S. At-Tin
dan Q.S. Al-Ma'un. |
| KI 3 |
3.1 |
Memahami
makna Q.S. At-Tin dan Q.S. Al-Ma'un dengan baik dan tartil. |
| KI 4 |
4.1.1 |
Membaca
Q.S. At-Tin dan Q.S.Al-Ma'un dengan tartil. |
| 4.1.2 |
Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S. At-Tin dan Q.S. Al-Ma'un dengan benar. |
| 4.1.3 |
Menunjukkan
hafalan Q.S. At-Tin dan Q.S. Al-Ma'un dengan lancar |
|
|
|
|
| 7 |
KI 1 |
1.3 |
Meyakini
keberadaan rasul Allah dan rasul ulul azmi. |
| KI 2 |
2.3 |
Menunjukkan
sikap sabar dan jujur sebagai implementasi pema- haman mengenal nama-nama
rasul Allah dan rasul ulul azmi. |
| KI 3 |
3.3 |
Memahami
nama-nama rasul Allah dan rasul ulul azmi. |
| KI 4 |
4.3 |
Menunjukkan
hafalan nama-nama rasul Allah dan rasul ulul azmi. |
|
|
|
|
| 8 |
KI 1 |
1.8 |
Meyakini
bahwa sikap sederhana sebagai cerminan dari iman. |
| 1.9 |
Meyakini
bahwa ikhlas beramal sebagai cerminan dari iman. |
| KI 2 |
2.8 |
Menunjukkan
sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari. |
| 2.9 |
Menunjukkan
sikap ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari. |
| KI 3 |
3.8 |
Memahami
makana sederhana dalam kehidupan sehari-hari. |
| 3.9 |
Memahami
makna ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari |
| KI 4 |
4.8 |
Mencontohkan
sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari. |
| 4.9 |
Mencontohkan
sikap ikhlas beramal dalam kehidupan sehari-hari. |
|
|
|
|
| 9 |
KI 1 |
1.11 |
Menjalankan
shalat Tarawih dan tadarus Al-Qur'an di bulan Ramadan sebagai wujud ketaatan
kepada Allah dan rasul-Nya. |
| KI 2 |
2.11 |
Menunjukkan
sikap tekun sebagai implementasi pemahaman pelaksanaan shalat Tarawih dan
tadarus Al-Qur'an. |
| KI 3 |
3.11 |
Memahami pelaksanaan
shalat Tarawih dan tadarus Al-Qur'an. |
| KI 4 |
4.11 |
Mempraktikkan tata
cara shalat Tarawih dan tadarus Al-Qur'an. |
|
|
|
|
| 10 |
KI 1 |
1.17 |
Meyakini kebenaran
kisah Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an. |
| KI 2 |
2.17 |
Menunjukkan
sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Luqman
sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an. |
| KI 3 |
3.17 |
Memahami kisah
keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an. |
| KI 4 |
4.17 |
Menceritakan kisah
keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an. |
|
|
|
Guru PAI SDN Petojo Utara 01 PG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Eka Setia Putra |
Komentar
Posting Komentar