PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR |
PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DAN BUDI PEKERTI |
KELAS III ( TIGA ) |
|
|
|
|
|
KOMPETENSI
INTI ( KI ) |
1. |
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianut- nya. |
2. |
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru. |
3. |
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah. |
4. |
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia. |
|
|
|
|
BAB |
KI |
KOMPETENSI DASAR ( KD ) |
1 |
KI 1 |
1.2 |
Meyakini
hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung
jawab. |
KI 2 |
2.2 |
Menunjukkan perilaku
mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab. |
KI 3 |
3.2 |
Memahami
hadis yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung
jawab. |
KI 4 |
4.2 |
Mencontohkan
perilaku mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab sebagai implementasi
makna hadis yang terkandung. |
|
|
|
|
2 |
KI 1 |
1.1 |
Terbiasa
membaca Alquran dengan tartil. |
KI 2 |
2.1 |
Menunjukkan
sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. An-Nasr dan
Q.S. Al-Kausar. |
KI 3 |
3.1 |
Memahami
makna Q.S. An-Nasr dan Q.S. Al-Kausar. |
KI 4 |
4.1.1 |
Membaca
kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nasr dan Q.S. Al-Kausar dengan benar. |
4.1.2 |
Menuliskan
kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nasr dan Q.S. Al-Kausar dengan benar. |
4.1.3 |
Menunjukkan
hafalan Q.S.An-Nasr dan Q.S. Al-Kausar dengan lancar. |
|
|
|
|
3 |
KI 1 |
1.3 |
Meyakini
keesaan Allah Swt. Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya
dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah. |
1.4 |
Meyakini
adanya Allah Swt. Yang Maha Pemberi, Maha Mengetahui, dan Maha Mendengar. |
KI 2 |
2.3 |
Menunjukkan
sikap kerja sama sebagai implementasi pemahaman keesaan Allah Swt. |
2.4 |
Menunjukkan
sikap peduli, berbuat baik, dan berhati-hati sebagai implementasi pemahaman
al asmau al-husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, dan As-Sami’. |
KI 3 |
3.3 |
Memahami
keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan
makhluk ciptaan-Nya yang dijumpainya di sekitar rumah dan sekolah. |
3.4 |
Memahami
makna al-asmau al husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, dan As-Sami’. |
KI 4 |
4.3 |
Melakukan
pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpainya di
sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah
Yang Maha Pencipta. |
4.4 |
Membaca
al-asmau al-husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, dan As-Sami’ dengan jelas dan benar. |
|
|
|
|
4 |
KI 1 |
1.5 |
Meyakini
bahwa perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai cerminan dari
iman. |
KI 2 |
2.5 |
Menunjukkan
perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan. |
KI 3 |
3.5 |
Memahami
perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan. |
KI 4 |
4.5 |
Mencontohkan
perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan. |
|
|
|
|
5 |
KI 1 |
1.8 |
Menjalankan
shalat dengan tertib. |
1.10 |
Menjalankan
ibadah shalat dengan tertib. |
KI 2 |
2.8 |
Menunjukkan
sikap hidup tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat. |
2.10 |
Menunjukkan
perilaku kerja sama sebagai implementasi pemahaman hikmah ibadah shalat. |
KI 3 |
3.8 |
Memahami
makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Kau ar. |
3.10 |
Memahami
hikmah ibadah shalat melalui pengamatandan pengalaman di rumah dan sekolah. |
KI 4 |
4.8 |
Menunjukkan
contoh makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Kau ar. |
4.10 |
Menceritakan
pengalaman hikmah pelaksanaan ibadah shalat di rumah dan sekolah. |
|
|
|
|
6 |
KI 1 |
1.11 |
Meyakini
kebenaran kisah NabiYusuf a.s. |
1.12 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Syuaib a.s. |
KI 2 |
2.11 |
Menunjukkan
sikap pemaaf sebagai implementasi pemahaman kisah Nabi Yusuf a.s. |
2.12 |
Menunjukkan
sikap jujur sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Syuaib a.s. |
KI 3 |
3.11 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s. |
3.12 |
Memahami kisah keteladanan Nabi Syuaib a.s. |
KI 4 |
4.11 |
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf
a.s. |
4.12 |
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syuaib
a.s. |
|
|
|
|
7 |
KI 1 |
1.5 |
Meyakini bahwa perilaku tawaduk, ikhlas, dan
mohon pertolongan sebagai cerminan dari iman. |
KI 2 |
2.5 |
Menunjukkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan
mohon pertolongan. |
KI 3 |
3.5 |
Memahami perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon
pertolongan. |
KI 4 |
4.5 |
Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan
mohon pertolongan. |
|
|
|
|
8 |
KI 1 |
1.1 |
Terbiasa
membaca Alquran dengan tartil. |
KI 2 |
2.1 |
Menunjukkan
sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi pemahaman Q.S. An-Nasr dan
Q.S. Al-Kausar. |
KI 3 |
3.1 |
Memahami
makna Q.S. An-Nasr dan Q.S. Al-Kausar. |
KI 4 |
4.1.1 |
Membaca
kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nasr dan Q.S. Al-Kausar dengan benar. |
4.1.2 |
Menuliskan
kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nasr dan Q.S. Al-Kausar dengan benar. |
4.1.3 |
Menunjukkan
hafalan Q.S.An-Nasr dan Q.S. Al-Kausar dengan lancar. |
|
|
|
|
9 |
KI 1 |
1.4 |
Meyakini
adanya Allah Swt. Yang Maha Pemberi, Maha Mengetahui, dan Maha Mendengar. |
KI 2 |
2.4 |
Menunjukkan
sikap peduli, berbuat baik, dan berhati-hati sebagai implementasi pemahaman
al asmau al-husna: Al-Wahhab,Al-‘Alim, dan As-Sami’. |
KI 3 |
3.4 |
Memahami
makna al-asmau al- husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, dan As-Sami’. |
KI 4 |
4.4 |
Membaca
al-asmau al-husna: Al Wahhab, Al-‘Alim, dan As-Sami’ dengan jelas dan benar. |
|
|
|
|
10 |
KI 1 |
1.7 |
Menerima
dan mensyukuri nikmat Allah Swt. yang diberikan kepada makhluknya. |
KI 2 |
2.7 |
Menunjukkan
sikap bersyukur. |
KI 3 |
3.7 |
Memahami
sikap bersyukur. |
KI 4 |
4.7 |
Mencontohkan
sikap bersyukur. |
|
|
|
|
11 |
KI 1 |
1.9 |
Menerima
makna zikir dan doa setelah shalat sebagai wujud berserah diri kepada Allah
Swt. |
KI 2 |
2.9 |
Menunjukkan
sikap rendah hati sebagai implementasi pemahaman makna zikir dan doa setelah
shalat. |
KI 3 |
3.9 |
Memahami
makna zikir dan doa setelah shalat. |
KI 4 |
4.9 |
Mempraktikkan tata
cara zikir dan doa setelah shalat di rumah dan sekolah. |
|
|
|
|
12 |
KI 1 |
1.13 |
Meyakini
kebenaran Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. |
KI 2 |
2.13 |
Menunjukkan
sikap rasa ingin tahu, sabar, rela berkorban, hormat dan patuh kepada orang
tua sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan
Nabi Ismail a.s. |
KI 3 |
3.13 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. |
KI 4 |
4.13 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru PAI SDN Petojo Utara 01 PG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Eka Setia Putra |
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar