| PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR |
| PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DAN BUDI PEKERTI |
| KELAS II ( DUA ) |
|
|
|
|
|
| KOMPETENSI
INTI ( KI ) |
| 1. |
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianut- nya. |
| 2. |
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru. |
| 3. |
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah. |
| 4. |
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia. |
|
|
|
|
| BAB |
KI |
KOMPETENSI DASAR ( KD ) |
| 1 |
KI 1 |
1.15 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. |
| KI 2 |
2.15 |
Menunjukkan
sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw. |
| KI 3 |
3.15 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
| KI 4 |
4.15 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
|
|
|
|
| 2 |
KI 1 |
1.1 |
Terbiasa
membaca basmalah setiap memulai belajar Al-Qur'an. |
| 1.2 |
Terbiasa membaca Al-Qur'an dengan tartil. |
| KI 2 |
2.1 |
Menunjukkan sikap percaya diri dalam
melafalkan huruf hijaiah bersambung. |
| 2.2 |
Menunjukkan
sikap berlindung diri kepada Allah Swt. dan saling menasihati sebagai
implementasi pemahaman makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-'Asr. |
| KI 3 |
3.1 |
Mengetahui
huruf hijaiah bersambung sesuai dengan makhrajul huruf. |
| 3.2 |
Memahami
pesan-pesan pokok Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-'Asr. |
| KI 4 |
4.1 |
Melafalkan
huruf hijaiah bersambung sesuai dengan makhrajul huruf. |
| 4.2.1 |
Melafalkan
Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-'Asr dengan benar dan jelas. |
| 4.2.2 |
Menunjukkan
hafalan Q.S. An Nas dan Q.S. Al-'Asr dengan benar dan jelas. |
|
|
|
|
| 3 |
KI 1 |
1.5 |
Menerima
adanya Allah Swt.Yang Mahasuci, Maha Pemberi Keselamatan, dan Maha Pencipta. |
| KI 2 |
2.5 |
Menunjukkan
perilaku rendah hati, damai, dan bersyukur sebagai implementasi pemahaman
makna al-asmaual-husna: Al-Quddus, As-Salam, dan Al-Khaliq. |
| KI 3 |
3.5 |
Memahami
makna al-asmaual-husna: Al-Quddus, As-Salam, dan Al-Khaliq. |
| KI 4 |
4.5 |
Melafalkan
al-asmau al-husna: Al-Quddus, As-Salam, dan Al-Khaliq |
|
|
|
|
| 4 |
KI 1 |
1.8 |
Meyakini
bahwa sikap kerja sama dan tolong-menolong sebagai cerminan dari iman. |
| KI 2 |
2.8 |
Menunjukkan
sikap kerja sama dan tolong-menolong. |
| KI 3 |
3.8 |
Memahami
sikap kerja sama dan tolong-menolong. |
| KI 4 |
4.8 |
Mencontohkan
sikap kerja sama dan tolong-menolong. |
|
|
|
|
| 5 |
KI 1 |
1.4 |
Meyakini
hadis yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat. |
| KI 2 |
2.4 |
Menunjukkan
perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman hadis
yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat. |
| KI 3 |
3.4 |
Memahami
hadis yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat. |
| KI 4 |
4.4 |
Menunjukkan
perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna
hadis tentang kebersihan dan kesehatan. |
|
|
|
|
| 6 |
KI 1 |
1.9 |
Terbiasa
berdoa sebelum dan sesudah wudu. |
| KI 2 |
2.9 |
Menunjukkan
perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi pemahaman doa
sebelum dan sesudah wudu. |
| KI 3 |
3.9 |
Memahami
doa sebelum dan sesudah wudu. |
| KI 4 |
4.9 |
Mempraktikkan
wudu dan doanya dengan tertib dan benar. |
|
|
|
|
| 7 |
KI 1 |
1.3 |
Meyakini
hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu. |
| 1.11 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Shaleh a.s. |
| KI 2 |
2.3 |
Menunjukkan
sikap berani bertanya sebagai implementasi pemahaman hadis yang terkait
dengan anjuran menuntut ilmu. |
| 2.11 |
Menunjukkan
sikap berani bertanya sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi
Saleh a.s. |
| KI 3 |
3.3 |
Memahami
hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu. |
| 3.11 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s |
| KI 4 |
4.3 |
Menunjukkan
perilaku rajin belajar sebagai implementasi pemahaman makna hadis yang
terkait dengan anjuran menuntut ilmu. |
| 4.11 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s. |
|
|
|
|
| 8 |
KI 1 |
1.2 |
Terbiasa
membaca Al-Qur'an dengan tartil. |
|
1.12 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Luth a.s |
| KI 2 |
2.2 |
Menunjukkan
sikap berlindung diri kepada Allah Swt. dan saling menasihati sebagai
implementasi pemahaman makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-'Asr. |
|
2.12 |
Menunjukkan
perilaku kerja keras sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi
Luth a.s. |
| KI 3 |
3.2 |
Memahami
pesan-pesan pokok QS An Nas dan QS Al 'Asr |
|
3.12 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Luth a.s |
| KI 4 |
4.2.1 |
Melafalkan
Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-'Asr dengan benar dan jelas. |
| 4.2.2 |
Menunjukkan hafalan
Q.S. An- Nas dan Q.S. Al-'Asr dengan benar dan jelas. |
| 4.12 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Luth a.s. |
|
|
|
|
| 9 |
KI 1 |
1.5 |
Menerima
adanya Allah Swt. Yang Mahasuci, Maha Pemberi Keselamatan, dan Maha Pencipta. |
| KI 2 |
2.5 |
Menunjukkan
perilaku rendah hati, damai, dan bersyukur sebagai implementasi pemahaman
makna al-asmau al-husna: Al-Quddus, As-Salam, dan Al-Khaliq. |
| KI 3 |
3.5 |
Memahami makna
al-asmau al-husna: Al-Quddus, As-Salam, dan Al-Khaliq. |
| KI 4 |
4.5 |
Melafalkan
al-asmau al-husna: Al-Quddus, As-Salam, dan Al- Khaliq. |
|
|
|
|
| 10 |
KI 1 |
1.7 |
Meyakini
bahwa perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai cerminan dari iman. |
|
1.14 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Yaqub a.s |
| KI 2 |
2.7 |
Menunjukkan
perilaku kasih sayang kepada sesama. |
|
2.14 |
Menunjukkan
perilaku kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi
Yakub a.s. |
| KI 3 |
3.7 |
Memahami
perilaku kasih sayang kepada sesama. |
|
3.14 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Yakub a.s. |
| KI 4 |
4.7 |
Mencontohkan
perilaku kasih sayang kepada sesama. |
| 4.14 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Yakub a.s. |
|
|
|
|
| 11 |
KI 1 |
1.10 |
Menjalankan
shalat dengan tertib. |
| KI 2 |
2.10 |
Menunjukkan
sikap disiplin sebagai implementasi pemahaman tata cara shalat dan bacaannya. |
| KI 3 |
3.10 |
Memahami
tata cara shalat dan bacaannya. |
| KI 4 |
4.10 |
Mempraktikkan
shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar. |
|
|
|
|
| 12 |
KI 1 |
1.5 |
Menerima
adanya Allah Swt.Yang Mahasuci, Maha Pemberi Keselamatan, dan Maha Pencipta. |
|
1.13 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi lshaq a.s. |
| KI 2 |
2.5 |
Menunjukkan
perilaku rendah hati, damai, dan bersyukur sebagai implementasi pemahaman
makna al-asmaual-husna: Al-Quddus, As-Salam, dan Al-Khaliq. |
|
2.13 |
Menunjukkan
sikap damai sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi lshaq a.s. |
| KI 3 |
3.5 |
Memahami
makna al-asmau al-husna: Al-Quddus, As-Salam, dan Al-Khaliq. |
|
3.13 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi lshaq a.s. |
| KI 4 |
4.5 |
Melafalkan
al-asmau al-husna: Al-Quddus, As-Salam, dan Al Khaliq |
| 4.13 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi lshaq a.s. |
|
Guru PAI SDN Petojo Utara 01 PG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Eka Setia Putra |
Komentar
Posting Komentar