RPP PAI 1 Lembar Kelas 2 Semester 2 K 13
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi
Pekerti
Kelas / Semester : II (Dua) / 2
Tema / Topik 7 : Berani
Sub Tema : Sikap Berani Nabi Saleh a.s.
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini
kebenaran kisah Nabi Saleh a.s.
v Menyebutkan
sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
v Menjelaskan
sikap berani dari kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
v Menceritakan
sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
v Menceritakan
kisah singkat keteladanan Nabi Saleh a.s.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Pembelajaran
dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2)
Menyapa peserta
didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication
3)
Menyampaikan
tujuan pembelajaran. Communication
4)
Beberapa
alternatif media/alat peraga/alat bantu bisa berupa
ilustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan dapat
digunakan dalam proses pembelajaran.
5)
Beberapa
alternatif model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan
di antaranya (1) ceramah interaktif (2)
diskusi dalam bentuk the educational-diagnose meeting artinya peserta
didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas
pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang
benar, dan dilengkapi
dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi. Integritas
|
10 menit
|
Inti
|
1)
Peserta didik
menyimak penjelasan guru tentang kisah keteladanan Nabi Saleh a.s terkait
nabi yang pemberani.
2)
Peserta didik
diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yang telah disimaknya. Apabila
mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik
mencari tahu dengan cara menanya. Communication
3)
Selanjutnya
secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk
menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan. Collaboration
4)
Proses
mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi oleh
guru sehingga berjalan dengan baik.
5)
Peserta didik membuat contoh sikap berani
dalam kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual). Mandiri
6)
Pada rubrik
“Ayo Kerjakan” peserta didik secara individu/berpasangan dengan teman
sebangku/kelompok menyebutkan contoh/pengalaman sikap berani dalam kehidupan
sehari-hari. Collaboration
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi
Pekerti
Kelas / Semester : II (Dua) / 2
Tema / Topik 7 : Berani
Sub Tema : Berani Bertanya
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl
Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
v Menunjukkan sikap berani bertanya.
v Menyebutkan hukum menuntut ilmu.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Pembelajaran
dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius
2)
Memeriksa
kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)
Menyapa peserta
didik dengan ramah. Communication
4)
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
5)
Beberapa
alternatif model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan
di antaranya (1) ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah
melalui gambar atau tayangan visual/film yang bersifat kontekstual kekinian),
(2) diskusi
dalam bentuk the educational-diagnosis meeting artinya peserta
didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi
pemahaman mereka
atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing
memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan
dalam pelaksanaan diskusi.
|
10 menit
|
Inti
|
1) Peserta didik menyimak penjelasan guru berkaitan dengan kewajiban
menuntut ilmu bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan. Juga
keuntungan orang-orang yang berilmu.
2) Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang telah
disimaknya, apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan
(stimulus) agar
peserta didik mencari tahu dengan cara menanya. Communication
3) Pada rubrik “Ayo Menyanyi” peserta menyanyikan lagu tentang
menuntut ilmu dibimbing oleh guru. Creativity
and Innovation
4) Pada
rubrik “Sikapku”, peserta didik menyatakan diri mencintai ilmu dan belajar
selama hayat masih di kandung badan
5) Pada
rubrik “Ayo Kerjakan” peserta didik diajak mengamati gambar suasana kelas
yang siswanya dibiasakan aktif bertanya. Lalu tanyakan apa saja manfaat kelas
yang siswanya aktif bertanya. Critical
Thinking and Problem Solving
6) Pada
rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan
tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’. Mandiri
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : II
(Dua) / 2
Tema / Topik 8 : Senang Bisa Membaca Al-Qurān
Sub Tema : Melafalkan Surat Al-Asr
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Terbiasa membaca Al-Qur’an.
v Menunjukkan sikap saling menasehati.
v Menunjukkan pelafalan Q.S. al-‘Asr ayat 1-2.
v Menunjukkan pelafalan Q.S. al-‘Asr ayat 1-3.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Pembelajaran
dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius
2)
Memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)
Menyapa peserta
didik dengan ramah.
4)
Menyampaikan
tujuan pembelajaran. Communication
5)
Guru dapat
memanfaatkan alternatif media/alat peraga/ alat bantu bisa
berupa tulisan di papan tulis atau kertas karton (tulisan
yang besar dan mudah dilihat/dibaca). Jika memungkinkan,
guru dapat menggunakan tayangan, slide (media proyektor). Hal ini dilakukan untuk
mengkonkretkan antara
apa yang diucapkan dengan bentuk tulisannya.
|
10 menit
|
Inti
|
1)
Sebelum
melafalkan surat al-‘Asr, peserta didik menyanyikan lagu tentang membaca dan
menghafal Al- Qur’an, dibimbing
guru. Nyanyikan secara berulang-ulang. Creativity
and Innovation
2)
Guru melafalkan
surat a-‘Asr
dengan suara jelas ayat 1 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3
kali).
3)
Peserta didik
laki-laki dan peserta didik perempuan atau berdasarkan
tempat duduk secara bergantian melakukan 1-2 kali.
4)
Guru melafalkan
surat al-‘Asr
dengan suara jelas ayat 1 s.d. 2 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak
2-3 kali). Integritas
5)
Peserta didik
laki-laki dan peserta didik perempuan atau berdasarkan
tempat duduk secara bergantian melakukan 1-2 kali.
Apabila peserta didik belum bisa melafalkan dengan lancar,
dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 2 s.d.
6. Apabila sudah banyak yang melafalkan secara individual, peserta didik
mendemonstrasikan pelafalannya. Critical
Thinking and Problem Solving
6)
Pada rubrik “Sikapku”, guru menjelaskan
bahwa peserta didik
secara mandiri dapat melafalkan sendiri.
7)
Pada rubrik
“Ayo Kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku)
untuk melafalkan surat al-‘Asr secara bergantian. Collaboration
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : II
(Dua) / 2
Tema / Topik 8 : Senang Bisa Membaca Al-Qurān
Sub Tema : Menghafal Surat Al-Asr
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Terbiasa membaca Al-Qur’an.
v Menunjukkan sikap saling menasehati.
v Menunjukkan hafalan Q.S. al-‘Asr ayat 1-2.
v Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nas ayat 1-3.
. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Pembelajaran
dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius
2)
Memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)
Menyapa peserta
didik dengan ramah.
4)
Menyampaikan
tujuan pembelajaran. Communication
5)
Guru dapat
memanfaatkan alternatif media/alat peraga/ alat bantu bisa
berupa tulisan di papan tulis atau kertas karton (tulisan
yang besar dan mudah dilihat/dibaca). Jika memungkinkan,
guru dapat menggunakan tayangan, slide (media proyektor). Hal ini dilakukan
untuk mengkonkretkan antara apa yang diucapkan dengan bentuk tulisannya.
|
10 menit
|
Inti
|
Proses
menghafal surat dengan langkah berikut ini.
1)
Guru melafalkan
cara menghafal surat al-‘Asr dengan suara jelas ayat 1, diikuti seluruh peserta didik, sesekali
meminta salah
satu peserta didik untuk menghafalnya (lakukan sebanyak 2
sampai 3 kali). Communication
2)
Mengikuti
langkah poin 1, diteruskan ayat 2 sampai ayat 3.
3)
Lakukan pola
ayat 1 sampai 2, (lakukan sebanyak 2-3 kali).
4)
Diteruskan pola
ayat 3, (lakukan sebanyak 2-3 kali).
5)
Pola terakhir
ayat 1 s.d. 3 (satu surat utuh) diawali gurunya, kemudian
diikuti peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali). Bila belum
hafal juga, dapat diulangi melalui cara yang sama dari
langkah (1 s.d. 5). Bila sudah banyak yang hafal secara
individual, peserta didik mendemonstrasikan hafalannya. Critical Thinking and Problem Solving
6)
Pada rubrik
“Sikapku”, guru menjelaskan bahwa peserta didik secara mandiri
hafal surat al-‘Asr.
7)
Pada rubrik
“Ayo Kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku)
menghafal surat al-‘Asr secara bergantian. Collaboration
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : II
(Dua) / 2
Tema / Topik 8 : Senang
Bisa Membaca Al-Qurān
Sub Tema : Pesan Surat Al-Asr
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Terbiasa
membaca Al-Qur’an.
v Menunjukkan
sikap saling menasihati.
v Menyebutkan
arti Q.S. al-‘Asr.
v Menyebutkan
jumlat ayat Q.S. al-‘Asr.
v Menyebutkan
tempat turunnya Q.S. al-‘Asr.
v Menjelaskan
isi pokok Q.S. al-‘Asr.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Pembelajaran
dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius
2)
Memeriksa
kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)
Menyampaikan
tujuan pembelajaran. Communication
4)
Guru dapat
memanfaatkan alternatif media/alat peraga/ alat bantu bisa
berupa tulisan di papan tulis atau kertas karton (tulisan
yang besar dan mudah dilihat/dibaca).
|
10 menit
|
Inti
|
1) Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang pesan-pesan yang terkandung di dalam surat al-‘Asr, secara bersama-sama atau individual. Communication
2) Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dengan kemampuan yang beragam. Collaboration
3) Masing-masing kelompok mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung di dalam surat al-‘Asr.
4) Menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang pesan-pesan yang terkandung di dalam surat al-‘Asr. Critical Thinking and Problem Solving
5) Pada rubrik “Sikapku”, guru menjelaskan pentingnya peserta didik untuk selalu
memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.
6) Pada rubrik “Ayo Kerjakan” peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku)
menyebutkan pesan-pesan
surat al-‘Asr secara
bergantian. Creativity and Innovation
7) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda
(√) pada rubrik ‘ya’ atau
‘tidak’.
8) Pada rubrik “Ayo Berlatih”, peserta mengerjakan latihan 1 s.d. 3 Mandiri
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : II
(Dua) / 2
Tema / Topik 8 : Senang
Bisa Membaca Al-Qurān
Sub Tema : Disiplin Nabi Luth. a.s.
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini
kebenaran kisah Nabi Luth a.s.
v Menunjukkan
perilaku kerja keras.
v Menyebutkan
sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
v Menjelaskan
sikap berani dari kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
v Menceritakan
sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
v Menceritakan
kisah singkat keteladanan Nabi Luth a.s.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Pembelajaran
dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius
2)
Menyapa peserta
didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication
3)
Menyampaikan
tujuan pembelajaran. Communication
4)
Beberapa
alternatif model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan
di antaranya ceramah interaktif (menceritakan
dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan
visual/film yang bersifat kontekstual kekinian Integritas
|
10 menit
|
Inti
|
1) Peserta didik menyimak penjelasan
guru tentang kisah keteladanan Nabi Luth a.s. terkait
nabi yang mempunyai sikap disiplin.
2) Peserta didik diberi kesempatan
untuk bertanya tentang hal yang telah disimaknya, apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya. Communication
3) Selanjutnya secara individu maupun
berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi
dan menjawab beberapa pertanyaan. Collaboration
4) Peserta didik membuat rumusan dengan
mengaitkan keteladanan Nabi Luth a.s.
Perilaku disiplin diambil dari kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual). Critical Thinking and Problem Solving
5) Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta
peserta didik selalu disiplin dalam belajar dan
beribadah. Creativity
and Innovation
6) Pada rubrik “Ayo Kerjakan” peserta
didik secara individu/berpasangan dengan teman sebangku/kelompok untuk mengamati gambar dan menceritakan maksud dari gambar tersebut. Collaboration
7) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa”
guru membimbing peserta didik untuk memberikan
tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’. Mandiri
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : II
(Dua) / 2
Tema / Topik 9 : Allah Mahasuci
Sub Tema : Yakin Allah itu Mahasuci
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Menerima adanya Allah Swt. Yang Mahasuci.
v Menunjukkan perilaku rendah hati.
v Menyebutkan arti Al-Quddμs.
v Menyebutkan bukti Allah Swt. Mahasuci.
v Menyebutkan cara menyucikan Allah Swt.
v Menjelaskan bukti Allah Swt. Mahasuci
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Pembelajaran
dimulai dengan cara guru mengucapkan salam dan berdoa bersama Religius
2)
Menyapa peserta
didik dengan ramah.
3)
Menyampaikan
tujuan pembelajaran. Communication
4)
Beberapa
alternatif media/alat peraga/alat bantu dapat berupa
ilustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan dapat
digunakan dalam proses pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
1) Peserta didik menyimak penjelasan
guru tentang Allah Swt. Mahasuci dan bersih dari
segala macam kekurangan, celaan dan kesalahan. Communication
2) Peserta didik membuat rumusan dengan
mengaitkan makna Allah Swt. Mahasuci dengan
persoalan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual). Critical Thinking and Problem Solving
3) Menyampaikan hasil diskusi baik
secara individu maupun perwakilan kelompok dan menyampaikan kesimpulan. Gotong Royong
4) Pada rubrik “Kegiatanku” Peserta
didik mengamati gambar/ilustrasi tentang anak
yang sedang berdoa dan melaksanakan sujud dalam salat di dalam buku teks dan guru memberikan petunjuk secara teknis proses observasi. Religius
5) Peserta didik mengemukakan isi
gambar tersebut, baik secara individu maupun hasil
kerja kelompok. Creativity
and Innovation
6) Peserta didik atau kelompok lain
menanggapi beberapa pendapatnya.
7) Salah satu peserta didik atau
perwakilan kelompok diminta menyimpulkan maksud isi
gambar tersebut. Mandiri
8)
Peserta didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang maksud isi gambar tersebut. Communication
9)
Pada rubrik
“Ayo Menyanyi” peserta didik menyanyikan lagu Allah Mahasuci, baris per
baris. Religius
10)
Pada rubrik
“Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama merenungkan Allah Swt.
Yang Maha Menciptakan dengan mengucapkan “Subhanallah” beberapa kali dengan
menyebutkan pula artinya “Allah Mahasuci” Critical Thinking and Problem Solving
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : II
(Dua) / 2
Tema / Topik 9 : Allah
Mahasuci
Sub Tema : Al-Quddus
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Menerima adanya Allah Swt. Yang Mahasuci
v Menunjukkan perilaku rendah hati.
v Melafalkan al-Asmaul al-Husna: al-Quddμs.
v Mendemonstrasikan pelafalan al-Asmaul al-Husna: al-Quddμs.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Pembelajaran
dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius
2)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran Communication
3)
Guru dapat
memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu berupa tulisan
di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah
dilihat/dibaca). Jika memungkinkan dapat memanfaatkan tayangan slide (media projector) untuk
mengkonkretkan antara apa yang diucapkan dan bentuk
tulisannya.
|
10 menit
|
Inti
|
Proses melafalkan dilakukan dengan langkah berikut ini.
1) Peserta didik melafalkan secara berulang-ulang
kata al-Quddμs berikut artinya. Yakinkan bahwa peserta didik sudah dapat menguasai pelafalan tersebut. Communication
2) Pada rubrik "Kegiatanku”
a) Peserta didik dibuat menjadi
beberapa kelompok, satu kelompok terdiri dari 4 orang.
b) Tugasnya adalah mengamati gambar.
c) Hasil pengamatannya ditulis secara
singkat.
d) Selanjutnya masing-masing kelompok
menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas,
sementara kelompok lain menyimak dan memberi
tanggapan atas hasil diskusinya.
3)
Pada rubrik
“Sikapku”, peserta didik diharapkan harus berperilaku hidup bersih dalam
kondisi dan keadaan apa pun. Critical
Thinking and Problem Solving
4)
Pada rubrik
“Ayo Kerjakan”, peserta didik untuk menjelaskan secara singkat maksud dari
gambar yang sudah diminta disediakan (diisi dalam tabel yang sudah
disediakan). Creativity
and Innovation
5)
Pada rubrik
“Insya Allah Aku Bisa”, guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda
(√) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. Mandiri
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : II
(Dua) / 2
Tema / Topik 10 : Kasih Sayang
Sub Tema : Kasih Sayang Nabi Ya’qub a.s.
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Ya’qub a.s.
v
Menunjukkan
perilaku kasih sayang.
v
Menyebutkan
sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
v
Menjelaskan
sikap kasih sayang dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
v
Menceritakan
sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
v
Menceritakan
kisah singkat keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Pembelajaran
dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius
2)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
3)
Beberapa
alternatif media/alat peraga/alat bantu dapat berupa
ilustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan dapat
digunakan dalam proses pembelajaran. Critical
Thinking and Problem Solving
|
10 menit
|
Inti
|
1) Peserta didik menyimak penjelasan
guru tentang kisah keteladanan Nabi Ya’qμb a.s.
terkait nabi yang mempunyai sikap kasih sayang.
2) Peserta didik diberi kesempatan
untuk menanya tentang hal yang telah disimaknya,
apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya. Communication
3) Selanjutnya secara individu maupun
berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi
dan menjawab beberapa pertanyaan. Collaboration
4) Proses mendapatkan tanggapan dan
jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi
oleh guru sehingga berjalan dengan baik.
5) Peserta didik membuat rumusan dengan
mengaitkan keteladanan Nabi Ya’qμb a.s., dan
sikap kasih sayangnya dengan kehidupan nyata
sehari-hari (kontekstual). Critical Thinking and Problem Solving
6) Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta
peserta didik selalu bersikap kasih sayang dalam
kehidupan sehari-hari.
7)
Pada rubrik “Ayo Kerjakan” peserta didik secara
individu/berpasangan dengan teman sebangku/kelompok melakukan: Collaboration
a. Menyebutkan contoh/pengalaman sikap kasih sayang dalam
kehidupan sehari-hari,
b. Mengamati dan menceritakan maksud dari gambar yang
mendeskripsikan anak laki-laki menuntun seorang kakek jalan kaki memakai
tongkat.
8)
Pada rubrik
“Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda
(√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’. Mandiri
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : II
(Dua) / 2
Tema / Topik 10 : Kasih Sayang
Sub Tema : Kasih Sayang kepada Sesama
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Meyakini bahwa perilaku kasih sayang kepada sesame sebagai cerminan dari iman.
v Menunjukkan perilaku kasih sayang kepada sesama
v Menyebutkan arti kasih sayang.
v Menyebutkan contoh perilaku kasih sayang kepada sesama.
v Menjelaskan manfaat perilaku kasih sayang.
v Menunjukkan contoh perilaku kasih sayang kepada sesama.
v Mendemostrasikan perilaku kasih sayang kepada sesama.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Pembelajaran
dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius
2)
Guru menyapa
peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta
didik.
3)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
4)
Beberapa
alternatif media/alat peraga/alat bantu bisa berupa
ilustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan dapat
digunakan dalam proses pembelajaran. Critical
Thinking and Problem Solving
|
10 menit
|
Inti
|
1) Peserta didik menyimak penjelasan
guru berkaitan dengan kasih sayang kepada sesama
makhluk, kepada sesama manusia, tumbuhan, hewan dan lingkungan alam.
2) Peserta didik diberi kesempatan untuk
menanya tentang hal yang telah disimaknya.
Apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya. Communication
3) Peserta didik atau kelompok lain
menanggapi beberapa pendapatnya. Collaboration
4) Pada rubrik “Ayo Menyanyi” peserta
menyanyikan lagu tentang kasih sayang dibimbing
oleh guru.
5)
Pada rubrik “Ayo Kerjakan” peserta didik diajak mengamati gambar yang berkaitan dengan kasih sayang kepada sesama, kasih sayang terhadap tumbuhan dan hewan. Critical Thinking and Problem Solving
6)
Pada rubrik
“Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda
(√) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. Mandiri
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : II (Dua) / 2
Tema / Topik 11 : Ayo Kita Salat
Sub Tema : Bacaan Salat
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Menjalankan salat dengan tertib.
v Menunjukkan sikap disiplin.
v Menyebutkan pengertian salat.
v Menyebutkan hukum melaksanakan salat.
v Menyebutkan urutan tatacara salat.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1)
Pembelajaran
dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius
2)
Guru memeriksa
kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
4)
Beberapa
alternatif media/alat peraga/alat bantu bisa berupa
ilustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan dapat
digunakan dalam proses pembelajaran. Critical
Thinking and Problem Solving
|
10 menit
|
Inti
|
1)
Peserta didik
menyimak penjelasan singkat guru tentang kewajiban salat
bagi orang-orang yang beriman. Communication
2)
Pada rubrik
“Ayo Menyanyi”, peserta didik menyanyikan lagu tentang
"Yo Kita salat", dibimbing guru, baris per baris. Religius
3)
Pada rubrik
“Kegiatanku” peserta didik mensimulasikan praktik salat
(tempat bisa di masjid, musala atau di kelas yang sudah diatur tempatnya)
sementara yang lain mencermatinya. Creativity
and Innovation
4)
Peserta didik
diberi kesempatan untuk menanya tentang hal yang telah diamatinya. Apabila
mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta
didik mencari tahu dengan cara menanya. Communication
5)
Peserta didik
diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang tata
cara salat. Communication
6)
Lakukan secara
berulang-ulang sampai hafal benar bacaan salatnya. Creativity
and Innovation
7)
Pada rubrik
“Sikapku”, guru mengingatkan peserta didik selalu
melaksanakan salat di awal waktu. Dari sikap tersebut akan
tertanam sikap disiplin dalam melakukan segala aktivitas yang bernilai positif.
8)
Pada rubrik
“Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda
(√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’. Mandiri
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : II (Dua) / 2
Tema / Topik 11 : Ayo Kita Salat
Sub Tema : Praktik Salat
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v Menjalankan salat dengan tertib.
v Menunjukkan sikap disiplin.
v Menunjukkan praktik salat dengan tata cara dan bacaan yang benar.
v Mendemonstrasikan praktik salat dengan tata cara dan bacaan yang benar
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius
2) Menyapa peserta didik dengan ramah.
3) Menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
4) Beberapa alternatif media/alat peraga/alat bantu dapat berupa ilustrasi gambar atau
tayangan visual (film) yang relevan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
1)
Setelah peserta
didik hafal bacaan salat mulai dari gerakan yang pertama
sampai terakhir, selanjutnya mempraktikkan langsung
gerakan salat yang sebenarnya. Creativity
and Innovation
2)
Guru
mendemonstrasikan praktik salat (sebaiknya langsung oleh guru
bersangkutan, media visual hanya sebagai pendukung),
peserta didik mencermati dan kemudian menirukannya. Pada waktu itu juga, guru
langsung membimbing
dan membetulkan gerakan-gerakan yang kurang tepat, baik secara individu
ataupun bersama-sama, sampai akhirnya selesai. Collaboration
3)
Peserta didik
dibagi menjadi beberapa kelompok. Hal ini untuk
memudahkan guru dan peserta didik lain bisa langsung mengamati dan
memberikan tanggapan atas pelaksanaan praktik salat. Communication
4)
Pada rubrik
“Sikapku”, peserta didik dipastikan betul bisa mempraktikkan salat
dengan benar.
5)
Pada rubrik
“Ayo Kerjakan” peserta didik dicoba secara menyeluruh dan
bergantian untuk mempraktikkan salat, guru dan sesama temannya mengamati. Creativity and Innovation
6)
Pada rubrik
“Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk
memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak. Mandiri
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : II (Dua) / 2
Tema / Topik 12 : Hidup Damai
Sub Tema : Sikap Damai Nabi Ishaq a.s.
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1) Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius
2) Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Communication
4) Beberapa alternatif media/alat peraga/alat bantu dapat berupa ilustrasi gambar atau
tayangan visual (film) yang relevan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
1) Peserta didik menyimak penjelasan
guru tentang kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
terkait nabi yang selalu bersikap damai.
2) Peserta didik diberi kesempatan
untuk menanya tentang hal yang telah disimaknya,
apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya. Communication
3) Selanjutnya secara individu maupun
berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi
dan menjawab beberapa pertanyaan. Collaboration
4) Proses mendapatkan tanggapan dan
jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi
oleh guru sehingga berjalan dengan baik.
5) Peserta didik membuat rumusan dengan
mengaitkan keteladanan Nabi Ishaq a.s.,
sikap damai dalam kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual). Creativity and Innovation
6) Menyampaikan hasil diskusi baik
secara individu maupun perwakilan kelompok dan menyampaikan kesimpulan.
7) Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta
peserta didik untuk selalu bersyukur kepada Allah Swt
yang telah memberikan keselamatan.
8) Pada rubrik “Ayo Kerjakan” peserta
didik secara individu/berpasangan dengan teman sebangku/kelompok untuk mengamati dan menceritakan maksud dari gambar tersebut berkaitan dengan sikap damai. Collaboration
9) Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa”
guru membimbing peserta didik untuk memberikan
tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’. Mandiri
10)
Peserta didik mengerjakan pada rubrik “Ayo Berlatih” latihan 1-3. Latihan 1 menceritakan kisah singkat keteladanan
Nabi Ishaq a.s. Latihan 2 menjawab pertanyaan sebanyak 4 butir soal, Latihan
3 mengamati dan menceritakan gambar yang berkaitan dengan pentingnya hidup
rukun dan damai di antara sesama.
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan
penilaian hasil belajar
v
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
PETOJO UTARA 01 PAGI
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester : II
(Dua) / 2
Tema / Topik 12 : Hidup Damai
Sub Tema : As-Salam
Alokasi Waktu : 3
x 35 menit
Tgl Pelaksanaan : …………………….
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v
Menerima adanya
Allah Swt. Yang Maha Pemberi Keselamatan.
v
Menunjukkan
perilaku damai.
v
Melafalkan al-Asmaaul al-Husna: as-Salam.
v
Mendemonstrasikan
pelafalan al-Asmaul
al-Husna: as-Salam.
v
Menyebutkan arti
as-Salam.
v
Menjelaskan bukti
Allah Swt. as-Salam.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan
Mengetahui,
Kepala SDN 01 PU
Mulyadi
NIP / NIK : 196212221985031006/100921
|
Jakarta, 2020
Guru Pendidikan Agama Islam
Eka Setia Putra
NIP / NIK :
|
Komentar
Posting Komentar