PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR |
PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DAN BUDI PEKERTI |
KELAS I ( SATU ) |
|
|
|
|
|
KOMPETENSI
INTI ( KI ) |
1. |
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianut- nya. |
2. |
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru. |
3. |
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah. |
4. |
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia. |
|
|
|
|
BAB |
KI |
KOMPETENSI DASAR ( KD ) |
1 |
KI 1 |
1.17 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Muhammad saw. |
1.5 |
Menerima adanya Allah
Swt. Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maharaja. |
KI 2 |
2.17 |
Menunjukkan
sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan
Nabi Muhammad saw. |
2.5 |
Menunjukkan
sikap kasih sayang, peduli, kerja sama, dan percaya diri sebagai implementasi
pemahaman Al- asmau Al-husna: Ar-Rahman, Ar- Rahim, dan Al-Malik. |
KI 3 |
3.17 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
3.5 |
Memahami makna
Al-asmau Al-husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, dan Al-Malik. |
KI 4 |
4.17 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. |
4.5 |
Melafalkan
Al-asmau Al-husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, dan Al-Malik. |
|
|
|
|
2 |
KI 1 |
1.2 |
Terbiasa
membaca Al-Qur'an dengan tartil. |
1.1 |
Terbiasa
membaca basmalah setiap memulai belajar Al Qur'an |
KI 2 |
2.2 |
Menunjukkan
sikap kasih sayang dan peduli kepada sesama sebagai implementasi pemahaman
Q.S. Al- Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas. |
2.1 |
Menunjukkan sikap
percaya diri dalam
melafalkan huruf-huruf hijaiah dan harakatnya. |
KI 3 |
3.2 |
Memahami
pesan-pesan pokok Q.S. Al-Fatihah dan QS Al Ikhlas |
3.1 |
Mengetahui
huruf-huruf hijaiah dan harakatnya secara lengkap. |
KI 4 |
4.2.1 |
Melafalkan
Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-lkhlas dengan benar dan jelas. |
4.2.2 |
Menunjukkan hafalan
Q.S. Al-Fatihah dan
Q.S. Al Ikhlas dengan benar dan jelas |
4.1 |
Melafalkan
huruf-huruf hijaiah dan harakatnya secara lengkap. |
|
|
|
|
3 |
KI 1 |
1.3 |
Menerima
adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. |
1.4 |
Menerima
keesaan Allah Swt. berdasarkan pe- ngamatan terhadap dirinya dan makhluk
ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah. |
KI 2 |
2.3 |
Menunjukkan perilaku percaya diri
sebagai implementasi pemahaman adanya Allah Swt. |
2.4 |
Menunjukkan perilaku percaya diri
sebagai implementasi pemahaman keesaan Allah Swt. |
KI 3 |
3.3 |
Memahami
adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. |
3.4 |
Memahami
keesaan Allah Swt. berdasarkan peng- amatan terhadap dirinya dan makhluk
ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah. |
KI 4 |
4.3 |
Menunjukkan
bukti-bukti adanya Allah Swt. yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang |
4.4 |
Menunjukkan bukti-bukti
keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah. |
|
|
|
|
4 |
KI 1 |
1.11 |
Terbiasa
bersuci sebelum beribadah. |
KI 2 |
2.11 |
Menunjukkan
perilaku bersih badan, pakaian, barang- barang, dan tempat sebagai
implementasi pemahaman makna bersuci. |
KI 3 |
3.11 |
Memahami
tata cara bersuci. |
KI 4 |
4.11 |
Mempraktikkan
tata cara bersuci. |
|
|
|
|
5 |
KI 1 |
1.13 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Adam a.s. |
1.15 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Nuh a.s. |
1.16 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Hud a.s. |
KI 2 |
2.13 |
Menunjukkan sikap
pemaaf sebagai implementasi pemahaman kisah keteladanan
Nabi Adam a.s. |
2.15 |
Menunjukkan sikap
kerja keras dan
kerja sama sebagai
implementasi pemahaman kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. |
2.16 |
Menunjukkan sikap
sopan dan santun
sebagai implementasi
pemahaman kisah keteladanan
Nabi Hud a.s. |
KI 3 |
3.13 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Adam a.s. |
3.15 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. |
3.16 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Hud a.s. |
KI 4 |
4.13 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Adam a.s. |
4.15 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Nuh a.s. |
4.16 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Hud a.s. |
|
|
|
|
6 |
KI 1 |
1.14 |
Meyakini
kebenaran kisah Nabi Idris a.s. |
1.7 |
Terbiasa
berdoa sebelum dan sesudah belajar |
KI 2 |
2.14 |
Menunjukkan
sikap semangat dan rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman kisah
keteladanan nabi Idris a.s. |
2.7 |
Menunjukkan
sikap disiplin sebagai implementasi dari pemahaman makna doa sebelum dan
sesudah belajar |
KI 3 |
3.14 |
Memahami
kisah keteladanan Nabi Idris a.s. |
3.7 |
Memahami
makna doa sebelum dan sesudah belajar |
KI 4 |
4.14 |
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Idris a.s. |
4.7 |
melafalkan
doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas |
|
|
|
|
7 |
KI 1 |
1.2 |
Terbiasa
membaca Al-Qur'an dengan tartil. |
KI 2 |
2.2 |
Menunjukkan
sikap kasih sayang dan peduli kepada sesama sebagai implementasi pemahaman
Q.S. Al- Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas. |
KI 3 |
3.2 |
Memahami
pesan-pesan pokok Q.S. Al-Fatihah dan QS Al Ikhlas |
KI 4 |
4.2.1 |
Melafalkan
Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-lkhlas dengan benar dan jelas. |
4.2.2 |
Menunjukkan hafalan
Q.S. Al-Fatihah dan
Q.S. Al Ikhlas dengan benar dan jelas |
|
|
|
|
8 |
KI 1 |
1.5 |
Menerima
adanya Allah Swt. Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maharaja. |
1.6 |
menerima
dan mengakui makna dua kalimat syahadat |
KI 2 |
2.5 |
Menunjukkan
sikap kasih sayang, peduli, kerja sama, dan percaya diri sebagai implementasi
pemahaman Al- asmau Al-husna: Ar-Rahman, Ar- Rahim, dan Al-Malik. |
2.6 |
menunjukkan
sikap teguh pendirian sebagai implementasi dari pemahaman makna dua kalimat
syahadat |
KI 3 |
3.5 |
Memahami makna
Al-asmau Al-husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, dan Al-Malik. |
3.6 |
memahami
makna dua kalimat syahadat |
KI 4 |
4.5 |
Melafalkan
Al-asmau Al-husna: Ar-Rahman, Ar-Rahim, dan Al-Malik. |
4.6 |
melafalkan
dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas |
|
|
|
|
9 |
KI 1 |
1.12 |
Menjalankan
shalat dengan tertib |
KI 2 |
2.12 |
Menunjukkan
sikap disiplin sebagai implementasi dari pemahaman shalat dan kegiatan agama
yang dianutnya di sekitar rumahnya melalui pengamatan |
KI 3 |
3.12 |
Memahami
shalat dan kegiatan agama di sekitar rumahnya melalui pengamatan |
KI 4 |
4.12.1 |
Mempraktekkan
shalat dan kegiatan agama di sekitar rumahnya melalui pengamatan |
4.12.2 |
Mencontohkan
kegiatan agama di sekitar rumahnya |
|
|
|
|
10 |
KI 1 |
1.9 |
Meyakini
bahwa berkata yang baik, sopan dan santun sebagai cerminan dari iman |
1.8 |
Meyakini
bahwa perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai cerminan
dari iman |
1.10 |
Meyakini
bahwa bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri sebagai cerminan dari iman |
KI 2 |
2.9 |
Menunjukkan
sikap yang baik, sopan, dan santun ketika berbicara |
2.8 |
Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru |
2.10 |
Menunjukkan
perilaku bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri |
KI 3 |
3.9 |
Memahami
berkata yang baik, sopan dan santun |
3.8 |
Memahami
perilaku hormat dan patuh kepada orang
tua dan guru |
3.10 |
memahami
makna bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri |
KI 4 |
4.8 |
Mencontohkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru |
4.9 |
Mencontohkan
cara berkata yang baik, sopan dan santun |
4.10 |
Mencontohkan
perilaku bersyukur, pemaaf, jujur dan percaya diri |
|
|
|
|
|
|
|
Guru PAI SDN Petojo Utara 01 PG |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Eka Setia Putra |
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar